Keprodi Teologi: Perubahan Terjadi Ketika terdapat Orang yang Terbuka Pada Hembusan Roh Pembaharuan

STKIP ST.PAULUS RUTENG (Februari 2019). “Perubahan Terjadi Ketika terdapat Orang yang Terbuka Pada Hembusan Roh PembaharuanOrang-orang yang tanggap terhadap tanda-tanda zaman dan rela berkorban melahirkan perubahan itu. Orang-orang yang mempunyai kehendak berkontribusi pada kehidupan masyarakat tidak menanti terjadinya perubahan, melainkan merencanakan dan mengantisipasinya secara proaktif dan konstruktif “

Hal itu disampaikan oleh Ketua Program Studi (Keprodi) Pendidikan Teologi, Pater.Oswaldus Bule, Lic, dalam kegiatan lokakarya Peninjauan Kurikulum Pendidikan Teologi STKIP Santu Paulus Ruteng, yang dihadiri oleh para stakeholders, pada senin (18/2/201) di Rungan Van Roomalen 10, STKIP Santu Paulus Ruteng.

 

Baca Juga: Prodi Pendidikan Teologi: Lokakarya Peninjauan Kurikulum Hadirkan Pihak Luar Kampus

 

Lebih lanjut keprodi Teologi,  mengatakan bahwa Menjelang 60 tahun Program Studi Pendidikan Teologi telah mengalami perubahan sepanjang sejarahnya. Berawal dari Kursus Pendidikan Katekis, menjadi Akademi Pendidikan Katekis, lalu berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menjalankan Program Diploma III.

Pada tahun 1991 dibuka Program Strata 1. Tujuh tahun kemudian, Program Studi Pendidikan Kateketik menjadi Pendidikan Teologi. Saat ini Program Studi Pendidikan Teologi sedang dalam proses perubahan nama menjadi Pendidikan Keagamaan Katolik. Demikian kata Keprodi Teologi, yang akrab disapa Pater Os.

Perubahan adalah tuntutan dan wujud kreativitas orang-orang yang setia pada visi pendiri. Perubahan terjadi ketika terdapat orang yang terbuka pada hembusan Roh pembaharuan. Orang-orang yang tanggap terhadap tanda-tanda zaman dan rela berkorban melahirkan perubahan itu. Orang-orang yang mempunyai kehendak berkontribusi pada kehidupan masyarakat tidak menanti terjadinya perubahan, melainkan merencanakan dan mengantisipasinya secara proaktif dan konstruktif . Lanjut Pater Os.

 

Baca Juga: LPPM STKIP St. Paulus Ruteng: Dua Jurnal Telah Diterbitkan Januari 2019


Memaknai perubahan, pada hari Senin, 18 Februari 2019, Program Studi Pendidikan Teologi telah melaksanakan lokakarya Peninjauan Kurikulum. Lokakarya dilangsungkan di Ruang Roosmalen 10 STKIP Santu Paulus Ruteng dan dibuka oleh Ketua STKIP Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, MA.

Lokakarya diawali dengan penyajian input ilmiah oleh Dr. Agustinus Manfred Habur tentang sumbangan Ilmu Kateketik bagi Bahan Ajar Kurikulum Pendidikan Teologi. Lokakarya dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai, Ketua Badan Pengurus Yayasan Sekolah Umat Katolik Manggarai,  Direktur Pusat Pastoral Ruteng, Ketua Badan Pengurus Yayasan Santu Paulus Ruteng, para dosen Prodi Pendidikan Teologi, dan beberapa alumni. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

STKIP SANTU PAULUS RUTENG TERAKREDITASI B

RUTENG. STKIP ST.PAULUS. Sekolah Tinggi Keguruan dan IImu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng terakreditasi B ...