PRODI PENDIDIKAN TEOLOGI MERAYAKAN MISA PEMBUKAAN BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2019

Share

Minggu 8/09/2019, Program Studi Pendidikan Teologi menanggung liturgi dalam rangka pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Liturgi dilaksanakan di kapela Agung Unika Santu Paulus Ruteng. Perayaan litugi ini dihadiri oleh sebagian umat yang tinggal di sekitar kampus dan mahasiswa/i Unika Santu Paulus Ruteng. Perayaan liturgi ini dipimpin oleh Pater Oswaldus Bule, SVD, yang juga menjabat sebagai ketua Program Studi Pendidikan Teologi.

Perayaan misa pembukaan BKSN ini sangatlah meriah  diiringi tarian dan paduan suara dari mahasiswa/i Pendidikan Teologi. Tarian dan paduan suara yang dibawakan menghantar umat untuk menyadari betapa penting dan berartinya lingkungan bagi kehidupan manusia sesuai dengan tema umum BKSN, yakni “Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Lingkungan Hidup”.

Dalam pantauan penulis, mayoritas mahasiswa Pendidikan Teologi tingkat 1-4 turut mengambil bagian dalam tugas perayaan misa pembukaan BKSN. Saudara Mikael Usman, mahasiswa tingkat II, bertugas sebagai lektor dan sebagai lektris, saudari Riany, mahasiswa tingkat I; pemazmur Frederika Lemo,  mahasiswi tingkat 3, tampil dengan suaranya yang merdu, dan putri altar mahasiswa tingkat 1- 3. Mereka sangat bersemangat dalam menjalankan tugas.

Inti perayaan misa yakni kotbah yang dibawakan oleh Pater Os tentang pentingnya pendidikan ekologis. Ia menegaskan kepada umat yang hadir untuk mengembangkan adat kebiasaan yang baru, merawat bumi sebagai rumah bersama dan terlibat aktif melaksanakan pendidikan ekologis.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pendidikan itu tidak hanya dilaksanakan dengan menyampaikan informasi ilmiah, melainkan mencakup keberanian mengritik cara pikir dan mentalitas individualisme, kemajuan tanpa batas, pesaingan, konsumerisme dan pasar tanpa aturan.

Imam SVD itu menyatakan perlunya mendorong perilaku konkrit seperti menghindari pemakaian plastik dan kertas, mengurangi penggunaan air, memilah sampah, memasak secukupnya untuk dimakan, memperlakukan makhluk hidup lain  dengan baik, menggunakan transportasi umum atau satu kendaraan untuk beberapa orang, menanam pohon, dan mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Peliput: Yuyun Paskalia dan Windy Saputri

Editor: Tomas Morus Runesi

Leave A Reply