PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEOLOGI MENYELENGGARAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

Share

Mahasiswa-mahasiswi Prodi  Pendidikan Teologi  telah mengikuti dan menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS) genap tahun akademik 2018/2019. UAS tersebut dilaksanakan di Ruang Roosmalen 08 dan 09 Unika Indonesia Santu Paulus Ruteng dan berlangsung sejak Senin,10/o6/2019 sampai dengan Jumat,14/06/2019.

Kegiatan UAS yang diawasi oleh dosen dan atau pegawai berjalan secara lancar,tertib, dan aman.Menurut Apolonia Senau, mahasiswi tingkat I, mayoritas mahasiswa-mahasiswi mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh,jujur dan bertanggung jawab.Mereka menunjukkan antusiasme intelekual dan menyadari bahwa UAS merupakan mahkota pergumulan ilmiah selama satu semester.

“Ujian Akhir Semester merupakan akhir dari rangkaian perkuliahan satu semester  yang  dilaksanakan dalam suka dan duka, susah dan senang, sedih dan gembira. Harapan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan menyebabkan banyak mahasiswa  memiliki antusiasme yang tinggi, ” kata mahasiswi asal Tenda,Ruteng ini.

Lebih lanjut, mahasiswa yang biasa disapa Lani ini mengatakan bahwa terdapat mahasiswa-mahasiswi yang tidak disiplin dan sering terlambat mengikuti ujian dengan berbagai macam alasan.

Sementara itu, menurut Kristina Manung, mahasiswi  semester IV, ujian semester kali ini sangat menantang karena   pertama, ujian merupakan suatu tahap untuk mengantar ke tingkat yang lebih tinggi dan membawa kepada pemahaman yang lebih mendalam. Kedua, ujian ini menyadarkan  mahasiswa-mahasiswi senior akan tanggung jawab untuk menjadi panutan bagi mahasiswa-mahasiswi junior.Menurut mahasiswi asal Paroki Ru’a ini, menjadi panutan bukanlah hal yang mudah karena menuntut kualitas sikap dan tindakan, termasuk dalam hal yang kecil dan sederhana.

Hal serupa dinyatakan oleh Susana Lia Ita, mahasiswi semester VI.   “Ujian ini juga merupakan wujud perjuangan mahasiswa-mahasiswi untuk berkutat dengan hal-hal yang menantang. Para mahasiwa ditantang agar tidak mencari alasan  untuk menyerah, melainkan terus berjuang mencapai tujuan yang telah diimpikan. Bagi mahasiswa-mahasiswa semester VI, ujian ini merupakan bekal untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata.”

Peliput: Emanuela WS Moghang dan Oktaviana Wele

Editor: Oswaldus Bule SVD

Leave A Reply