EVALUASI: MOMEN KAJIAN KESELARASAN DAN KETIDAKSELARASAN RENCANA DAN PELAKSANAAN

Share

Seminar ilmiah sebagai momen bermakna bagi mahasiswa untuk menampilkan kemampuan dan meningkatkan keberanian berbicara di depan banyak orang perlu dievaluasi. Evaluasi itu merupakan alat ukur untuk melihat capaian atas standar yang telah ditetapkan dan momen istimewa untuk mengkaji keselarasan dan ketidakselarasan antara rencana dan pelaksanaan.

Hal itu ditegaskan oleh ketua HMPS Pendidikan Teologi, Stefanus Hadur ketika  menutup kegiatan evaluasi kegiatan seminar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teologi pada Selasa, 14 Mei 2019. Evaluasi yang berlangsung di kantor HMPS Pendidikan Teologi itu dihadiri oleh panitia seminar.

Secara umum seminar yang menghadirkan tiga pembicara (Yane Pangkak, Andeke Kalalo, dan Valentinus Sutrisno) itu telah berjalan baik, lancar, dan aman. Pemateri menyajikan makalah dengan baik dan dengan tepat dan cermat menanggapi pertanyaan dan komentar peserta.

Selanjutnya, para penanggungjawab seksi menyampaikan laporan kegiatan, kendala yang dihadapi, dan mengemukakan hal-hal positif serta aspek-aspek yang memerlukan perbaikan di waktu mendatang.

Penanggung jawab seksi acara menyatakan bahwa ia tidak menemukan kendala berarti. Namun ia kecewa terhadap mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas yang telah diberikan. Ia mengharapkan agar hal demikian tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Moderator seminar telah menjalankan tugas dengan baik. Namun ia mengeluhkan sebagian mahasiswa yang tidak berpartisipasi, baik dengan tidak menghadiri kegiatan maupun dengan kehadiran yang mengganggu, antara lain dengan sibuk menggunakan handphone.

Penanggung jawab seksi perlengkapan, konsumsi, dokumentasi dan publikasi tidak menemukan kendala. Seksi dokumentasi dan publikasi menyampaikan catatan positif dan apresiasi atas terbitnya tiga berita di media online terkait pelaksanaan seminar ini.

Peliput  : Stefanus Hadur

Editor: Oswaldus Bule, Lic. Paed.

Leave A Reply