PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEOLOGI BERKATEKESE DI PAROKI RUA

Share

Sebanyak 63 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teologi STKIP Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan katekese umat di 44 Komunitas Basis Gerejawi (KBG) di Paroki Roh Kudus Rua, Keuskupan Ruteng 3 Maret 2018.

Kegiatan ini merupakan program rutin dari program studi membantu gereja lokal Keuskupan Ruteng terutama paroki-paroki untuk melaksanakan katekese Prapaskah dalam rangka mempersiapkan umat untuk menyambut pesta kebangkitan Kristus. Lebih dari itu, menurut Ketua Program Studi Pendidikan Teologi, P. Oswaldus Bule, SVD, kegiatan katekese umat bertujuan  untuk melatih calon-calon katekis agar menjadi pewarta yang handal di kemudian hari.

Pastor Paroki Roh Kudus Rua, Rm. Blasius Harmin, Pr menyambut baik kegiatan katekese ini. “Kegiatan ini sungguh merupakan wujud kepedulian Program Studi Pendidikan Teologi untuk membantu paroki-paroki mengimplementasikan amanat Sinode III Keuskupan Ruteng yakni menjadikan Gereja sebagai persekutuan yang mewartakan Sabda Allah”, tandasnya.

Ketua Seksi Pewartaan Paroki Rua, Adrianus Jebarus M.Th., mengatakan bahwa kegiatan katekese ini sangat baik karena sangat membantu seksi pewartaan paroki dalam mewartakan Sabda Allah kepada umat di Paroki Roh Kudus Ru’a khususnya di KBG-KBG. “Kami berterima kasih karena Prodi Pendidikan Teologi STKIP Ruteng peduli dengan kebutuhan rohani umat di paroki ini”, tutur alumnus STFK Ledalero tersebut.

Moses Wae salah satu umat di KBG St. Yosep berkesan dengan kesiapan para mahasiswa. “Mahasiswa kelihatan sangat siap dan membawakan katekese dengan baik sehingga umat begitu aktif dalam katekese tersebut. Katekesenya sangat hidup”, tuturnya.

Sementara itu Kornelis Wagut dari KBG Santa Bernadeta mengatakan bahwa katekese yang dibawakan oleh mahasiswa sungguh baik karena bukan hanya membantu umat mendengarkan Sabda Tuhan tetapi juga membawa motivasi tertentu. “Katekese ini dapat memotivasi dan menyadarkan anak-anak muda untuk melihat bahwa kebersamaan itu sangat penting. Kebersamaan merupakan sumber kekuatan bagi dan membantu kita dalam setiap segi kehidupan”, ungkapnya.

 

Peliput: Sr. Vincencia Bunga Koten

Editor: Marsel R. Payong

Leave A Reply