PKM-M Prodi Matematika Mengadakan Penyuluhan Pengelolaan Kopi Pasca Panen

Share

Mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng, mengadakan kegiatan penyuluhan pengelolaan kopi pasca panen bagi warga Kelompok Tani Wari 1 di Desa Bangka Lao, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, (Sabtu-Minggu, 3-4/2/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh 25 orang yang merupakan anggota tetap dari kelompok tani sasaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait pengolaan kopi pasca panen.

Dalam sambutan awalnya, Siprianus Jemaris selaku ketua kelompok PKM-M,  mengungkapkan rasa bahagia dan ucapan terima kasih terhadap pemateri juga ketua Kelompok Tani Wari 1 beserta anggotanya yang berkenan hadir dalam kegiatan penyuluhan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Fransiskus Pandu, selaku ketua kelompok tani Wari I mengungkapkan bahwa rasa senangnya dengan kehadiran  mahasiswa beserta materi yang dipaparkan oleh dua pemateri yaitu Fulgensius E. Men, M.Pd dan Bpk. Marselinus Pas.

Fulgensius E. Men, M.Pd dalam materinya membahas tentang prasarana dan sarana penanganan pasca panen kopi. Melaui materinya, beliau menyampaikan bahwa parasarana dan sarana ini sangat dibutuhkan untuk menjamin kualitas kopi.

Selanjutnya, Marselinus Pas  membahas tentang proses penanganan kopi pasca panen. Marsel dalam pemaparannya menjelaskan bahwa para petani kopi mestinya harus memperhatikan dengan baik langkah-langkah dan metode pengeringan kopi yang baik. Beliau juga menambhakan bahwa para petani kopi yang tergabung dalam kelompok tani mestinya menjadi contoh bagi para petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani.

Peliput             : Siprianus Jemaris

Editor              : Lian Jemali

Leave A Reply