Kegiatan PKM Program Studi Pendidikan Matematika di Desa Kole

Share

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng dan pemerintah desa Kole telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 1 November 2017. Kesepakatan tersebut menandakan adanya ikatan kerja sama dengan harapan memberi dampak positif bagi kedua pihak.

Sebagai tindak lanjut kesepakatan tersebut, Dosen telah melaksanakan rangkaian  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kole, Kecamatan Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai yang dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 14 Desember 2017.  Rangkaian kegiatan tersebut sebagai wujud penerapan dan jawaban tuntutan Tridarma Perguruan Tinggi. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain;

(1) Pelatihan software matematika pada tingkat sekolah dasar,

(2) Pelatihan komputer tingkat dasar untuk perangkat desa,

(3) Sosialisasi dan pelatihan terkait pembuatan pupuk bokasi,

(4) Sosialisasi dan pelatihan terkait penentuan bibit unggul.

Kegiatan dimulai dengan acara penerimaan yang dibuka secara resmi oleh kepala desa setempat. Acara tersebut dihadiri oleh warga,  tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan pemerintah daerah yang diwakili oleh sekretaris camat Satar Mese Utara. Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan software matematika yang bertempat di SDK Kole. Adapun beberapa software tersebut antara lain geogebra, algebratos dan permainan matematika. Peserta kegiatan tersebut adalah semua guru-guru SD di desa Kole.

Pada hari kedua kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan komputer tingkat dasar untuk perangkat desa khususnya pendalaman penggunaan MS excel. Pada hari ketiga kegitan yang dilakukan yaitu sosialisasi dan pelatihan terkait pembuatan pupuk bokasi dan terkait penentuan bibit unggul. Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga dan kelompok tani di desa tersebut.

Beberapa hari berikutnya dosen bersama warga desa kole melakukan pengolahan pupuk bokasi. Masyarakat dan pemerintah desa sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Yerimias Tani selaku kepala desa menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini semestinya terjadi secara bekelanjutan.

 

Peliput             : Efrem Men

Editor              : Lian Jemali

Leave A Reply