Program Studi PGSD Merayakan Ulang Tahun Ke-14 dengan Kegiatan Seminar

Share

Perayaan ulang tahun ke-14 dari Program Studi PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng diisi dengan berbagai kegiatan (Sabtu, 14 Oktober 2017). Salah satunya adalah seminar yang bertemakan “Menggagas Pembelajaran Disiplin Ilmu Ke-SD-an Berbasis Literasi”. Tampil sebagai pemateri Drs. Eliterius Sennen, M.Pd, Kanisius Supardi, M.Pd, Maksimilianus Jemali, M.Th., dan Florianus Dus Arifian, M.Pd. Hadir pada kesempatan tersebut para dosen dan mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng.

Florianus Dus Arifian, M.Pd selaku pemateri pertama, mempresentasikan materi tentang “Konsep Literasi dalam Konteks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Florianus mengungkapkan bahwa hakikat literasi bahasa berhubungan dengan kegiatan interpretasi, kolaborasi, konvensi, melibatkan pengetahuan budaya, memecahkan masalah, dan refleksi.

Pemateri kedua, Eliterius Sennen, berbicara tentang “Mengelola Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Menurutnya, literasi atau kemelekan matematika berhubungan dengan masalah riil yang muncul dalam kehidupan sehari-hari”. Literasi matematika di SD dapat dipandang dan dimaknai sebagai bentuk kompetensi yang perlu dibangun agar siswa SD melek matematika. Kompetensi yang utama tentang literasi matematika adalah kompetensi untuk mengajukan, merumuskan, dan menyelesaikan masalah, baik masalah matematika maupun masalah non matematika dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Untuk mencapai pembelajaran matematika yang bermakna dan berkualitas diperlukan proses pembelajaran matematika yang mampu mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa di sekolah atau menjadikan sekolah sebagai komunitas pembelajaran literasi matematika.

Sementara itu, pembicara ketiga, Maksimilianus Jemali, M.Th berbicara tentang “Literasi Sosial dan Politik Melalui Pembelajaran PKn: Tuntutan Imperatif Warga Negara Indonesia”. Dalam materinya, Maksimilianus memaparkan bahwa Warga negara yang baik mesti memiliki semangat literasi sosial dan politik yang bisa sampai kepada pemahaman dan penghayatan yang baik tentang kewarganegaraan. Gagasan tentang literasi sosial dan politik akhirnya tidak hanya bagaimana membaca dan menulis tetapi juga soal menangkap nilai-nilai signifikan dan urgen dari konstelasi politik yang berkembang di tengah masyarakat. Dalam konteks ini, mahasiswa juga bisa membaca fenomena sosial dan politik yang berkembang di tengah masyarakat lalu memaknainya secara kritis. Hal ini akan terjadi kalau mahasiswa memiliki upaya mencari tahu (learning to know) berbagai peristiwa aktual.

Pembicara keempat, Kanisius Supardi, M.Pd berbciara tentang literasi sains. Era sekarang adalah era sains yang menuntut mahasiswa dan juga siswa untuk semakin menguasai dan mengontrol teknologi sehingga memiliki implikasi positif bagi perkembangan keilmuan.

Setelah presentasi dari pemateri, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta.

Puncak dari perayaan ulang tahun ini adalah perayaan ekaristi bersama di Aula Missio STKIP Santu Paulus Ruteng yang dihadiri oleh para dosen, pegawai, dan mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng.

Peliput : Lian Jemali

Leave A Reply