PERAYAAN HUT KE-22 PROGRAM STUDI PEDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP SANTU PAULUS RUTENG

Share

Perayaan Hut Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Santu Paulus Ruteng diawali dengan misa yang dihadiri oleh semua civitas Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Kapela UNIKA Santu Paulus pada hari sabtu, 21 September 2019. Perayaan misa ini dipimpin oleh P. Raimundus Beda, SVD. Dalam kata pembuka beliau mengatakan bahwa  Perayaan Hut yang ke-22 ini bertepatan dengan pesta Matius Pengarang Injil. Matius adalah seorang pendosa, pemungut cukai, dan kaki tangan penjaja. Namun, Allah memilih dia untuk menjadi rasul. Hal yang senada dengan program studi kita. Program Studi pendidikan Bahasa Inggris bertahan sampai 22 tahun bukan karena kehebatan para dosen dan  pengelolah, melainkan karena kepasrahaan kepada Sang Pencipta. Dalam kepasrahaan Allah menyempurnakannya dan seperti Matius dipilih untuk menjadi pewarta demikian juga program studi ini dipilih untuk memanusiakan manusia muda sebagai calon  tenaga pendidik bahasa inggris dan pelaku pariwisata yang beriman, berkarakter, matang dalam kepribadian, kompoten dan professional dalam bidang pedagogik dan pariwisata.

Dalam kata sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Stanislaus Guna, M.Pd mengatakan bahwa kita sudah mengikuti kegiatan selama seminggu; ada seminar prodi, pertandingan bola volli dan bola kaki, ada perlombaan menulis karangan ilmiah, ada perlombaan penulisan majalah dinding dan puncaknya hari ini,  kita merayakan Ekaristi sebagai tanda syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan atas bimbingan dan penyertaan Tuhan selama 22 tahun keberadaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Lebih lanjut ketua program studi mengatakan bahwa tema perayaan Hut ke-22 Program Studi adalah ‘Hero is in you’ (Pahlawan ada padamu). Dalam kurun waktu 22 tahun kita telah melewati  berbagai keberhasilan, berbagai prestasi  yang telah diraih dan kita juga sudah berhasil mencetak tenaga-tenaga pendidik dan pelaku pariwisata yang berbobot yang tersebar di seluruh Indonesia.  Kita semua adalah pahlawan yang telah menorah sejarah buat program studi kita. Hal ini terbukti bahwa  program studi pendidikan bahasa Inggris telah melakukan 3 kali akreditasi dengan perolehan pringkat yang berbeda-beda. Peringkat yang menunjukkan kemajuan bukan kemunduran. Akreditasi pertama dilaksanakan pada tahun 2009 dengan perolehan nilai C dengan skor : 269. Pada tahun  2013 dilakukan akreditasi kedua dengan perolehan nilai B dengan skor 303. Pada tahun  2018 program studi pendidikan bahasa Inggris melakukan akreditasi ketiga  dengan predikat nilai B dengan skor 322. Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa program studi pendidikan bahasa Inggris mengalami peningkatan yang signifikan, namun  belum maksimal. Ada satu tugas besar yang harus kita bersama embani yaitu menjadikan program studi pendidikan bahasa Inggris unggul dengan perolehan nila ‘A’.  Tugas ini memang berat tapi ada sinar harapan muncul ketika saya selaku ketua program studi berada bersama semua yang hadir . Saya yakin bahwa target itu akan tercapai pada tahun 2022 karena kita yang hadir di tempat ini adalah pahlawan (Hero is in You).

Sebelum saya menutup sambutan ini, saya menyampaikan limpah terima kasih kepada Bapak dan Ibu Dosen, koordinator dan moderator  semester ganjil dan semester genap tahun akademik 2018/2019 yang sudah bekerja keras untuk menyukseskan semua kegiatan pada program studi pendidikan bahasa Inggris, dan sekaligus mengucapkan profisiat kepada Bapak dan Ibu Dosen yang dipercayakan sebagai koordinator dan moderator tahun akademik 2019/2020 untuk melaksanakan tugas-tugas Tridharma pada program studi kita. Saya juga mengucapkan limapah terima kasih kepada moderator EDSA dan pengurus EDSA  yang lama  dan mengucapkan profisiat bagi moderator EDSA dan pengurus EDSA yang terpilih dengan harapan agar kita dapat bekerja sama untuk mengembangkan program studi ini menjadi lebih baik. Ucapan terima kasih juga saya persembahkan buat Ibu Yuliana Endu, A.Md dan Valentius Gara, S.Fil yang selama ini bekerja keras melayani  dan memperlancar semua kegiatan program studi.  Akhirnya, saya selaku ketua program studi menaruh harapan penuh pada civitas program studi pendidikan bahasa Inggris dengan mengutip sebuah pepatah klasik  ‘Don’t ask what the English Department can give to you, but ask what you can give to the English Department. I I trust in you all, hero is in you. 

Puncak acara Hut ke-22 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dilaksanakan dengan resepsi bersama. Banyak acara hiburan disugguhkan oleh mahasiswa tingkat I sampai tingkat IV dalam kegitan tersebut. Mahasiswa-mahasiswI tersebut tergabung dalam sebuah  wadah yang disebut dengan EDSA. EDSA adalah nama organisasi Himpunan Jurusan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, kepanjangan dari EDSA  adalah English Department Student Association. Yustus Sentus Halum, M.Pd  selaku kordinator EDSA mengatakan bahwa di Hut ke-22 EDSA melauncing akun Youtube EDSA dengan nama ‘EDSA UNIKA Santu Paulus’. Tujuan peluncuran akun ini adalah untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris, sebagai media promosi program studi dan media sosial kegiatan alumni, para dosen dan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris. Yustus yang dibentu oleh Yohanes F. Naring (Ketua EDSA), Imelda Jegaut (Wakil Ketua EDSA), Siprianus Hame (Skretaris EDSA) dan Ani Angkut (Bendahara EDSA) di sela-sela kegiatan menampilakan video rekam jejak alumni. Tujuan panayangan video tersebut adalah membuat traces study , sebagai media pemberian motivasi kepada mahasiswa, memaparkan peluang usaha. Target dari kegiatan ini adalah setelah tamat dari program studi tersebut mahasiswa akan memperoleh peluang kerja dan tenaga-tenaganya dapat diserap dalam bursa kerja.

 

Peliput :

 

Valentius Gara

 

Leave A Reply