PKM MENINGKATAN KESADARAN EKOLOGIS MASYARAKAT DESA ITENG MELALUI KEGIATAN BAKTI SOSIAL DI DESA ITENG KECAMATAN SATAR MESE

Share

Dewasa ini, masalah ekologis merupakan krisis global yang sangat krusial dan perlu mendapat perhatian yang sangat serius dari semua kalangan, termasuk kalangan civitas akademika di lingkungan Perguruan Tinggi. Kerusakan ekologis yang luas terjadi karena eksploitasi alam dan aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan. Kondisi ini mengakibatkan pencemaran dan kerusakan ekologis bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Salah satu masalah ekologis yang selalu ditemukan  adalah masalah sampah.

Masalah ekologis yang kurang bersih tidak saja disebabkan oleh sampah dari berbagai aktivitas manusia, melainkan juga kondisi ini diperparah oleh kesadaran masyarakat tentang kebersihan ekologis yang rendah. Hal ini tentu berkaitan dengan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang masalah kebersihan ekologis. Oleh karena itu, keterlibatan civitas akademika dari lingkungan Perguruan Tinggi sangat dibutuh untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan ekologis melalui kegiatan bakti sosial secara rutin. Dalam hal ini, Perguruan Tinggi harus melakukan aksi nyata yang dapat berdampak pada perubahan cara pikir dan kesadaran masyarakat terkait masalah kebersihan ekologis.

Berdasarkan hasil pengamatan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), salah satu masalah ekologis yang ditemukan di Desa Iteng, Kecamatan Satar Mese adalah lingkungan ekologis yang kurang bersih. Tim mengidentifikasi dua penyebab dari masalah tersebut, yakni: (1) kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan ekologis yang bersih masih rendah, dan (2) kurang dilaksanakan kegiatan kebersihan di lingkungan masyarakat dan desa secara rutin.

Dalam menyikapi permasalahan di atas, Tim PKM STKIP Santu Paulus Ruteng yang diketuai oleh seorang dosen atas nama Tobias Gunas, S.S.,M.Pd (NIDN.0807127404) bekerjasama dengan tiga orang mahasiswa  merancang dan melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan di Desa Iteng. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran ekoplogis masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup yang bersih.  Kegiatan PKM ini dilaksanakan tanggal 27-28 Agustus 2018 di desa Iteng, Kecamatan Satar Mese. Hasil dari kegiatan ini masyarakat mencanangkan program kebersihan lingkungan secara regular  setiap bulan.

Leave A Reply