MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK SEKAMI MELALUI PERMAINAN DI PAROKI MARIA BUNDA SEGALA BANGSA, KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Share

SEKAMI (Serikat Kepausan Anak -Anak Misioner)  adalah salah  wadah  bagi anak-anak Katolik untuk terlibat aktif dalam kegiatan rohani. Keberadaan SEKAMI  sangat strategis dan penting dalam pengembangan diri anak-anak dan remaja yang sesuai dengan iman katolik. Meskipun demikian, SEKAMI tidak hanya melaksanakan kegiatan –kegiatan religius.  Akan tetapi, wadah ini juga terlibat dalam berbagai  program edukatif. Hal ini dilakukan karena diyakini bahwa anak-anak dan remaja memiliki potensi dan kemampuan yang perlu dikembangkan melalui berbagai program edukatif kreatif dan menarik.

SEKAMI sebagai agen misioner gereja harus dibekali dengan kemampuan dan ketrampilan dalam Bahasa Inggris. Salah satu faktor penting yang harus dilakukan pada tahap awal adalah menumbuhkan minat belajar Bahasa Inggris. Minat belajar Bahasa Inggris hanya dapat ditumbuhkan melalui model pembelajaran yang kreatif, aktif, dan menyenangkan. Mencermati kondisi tersebut, dosen STKIP Santu Paulus Ruteng  Tobias Gunas, S.S.,M.Pd (NIDN.0807127404) bekerjasama dengan empat mahasiswa merancangan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris melalui permainan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada kelompok SEKAMI di paroki Maria Bunda Segala Bangsa (MBSB) pada tanggal 25-26 Desember 2018. Program yang dijalankan adalah edukasi dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris. Tim PKM yang terlibat dalam kegiatan  ini  adalah dosen dan mahasiswa.  Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dijalankan pada kelompok SEKAMI berdasarkan hasil pengamatan bahwa anak-anak memiliki potensi dan kemampuan dalam belajar Bahasa Inggris. Karena itu, kemampuan dan potensi mereka perlu ditumbuhkan melalui kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis permainan. Melalui permainan anak-anak SEKAMI mengalami proses pembelajaran Bahasa Inggris yang aktif dan menyenangkan.

 

Leave A Reply