EXPLORING INNOVATIVE TEACHING ENGLISH STRATEGIES: FROM RESEARCH TO PRACTICE

Share

 

Tercapainya kemampuan belajar yang maksimal dari siswa tidak terlepas dari kemampuan guru dalam mengexplorasi berbagai strategi pengajaran. Strategi pengajaran yang baik tentunya mampu menjawab kebutuhan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan membuka wawasan mereka terhadap perkembangan dunia di sekitar mereka serta menjadikan mereka pribadi yang kritis dan inovatif. Dengan demikian, kompetensi guru untuk menentukan strategi yang tepat dan efektif dalam pengajaran menjadi faktor yang amat penting.

Melihat kenyataan bahwa banyak aspek dalam kehidupan berubah seperti aspek sosial dan kebutuhan dunia kerja, menjadi sangat penting untuk memperhatikan kembali mengapa dan bagaimana pembelajaran di sekolah terjadi. Hal ini dilakukan agar para guru senantiasa mampu berkreasi dan menerapkan pengajaran yang inovatif serta berdampak baik terhap prestasi belajar siswa.

Menyadari pentingnya pengajaran inovatif, salah satu dosen dari program studi pendidikan bahasa Inggris STKIP Santu Paulus Ruteng, Fransiskus Jemadi, M.Pd melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan ini berlangsung di SDI Kota Ndora dan melibatkan guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekabupaten Manggarai Timur.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dikemas berupa seminar dan simulasi pengajaran. Pada sesi seminar para guru Bahasa Inggris dibekali dengan konsep dasar tentang mengapa dan bagaimana pentingnya berinovasi dalam pengajaran bahasa Inggris dewasa ini. Setelah dibekali dengan konsep dasar pengajaran Bahasa Inggris, Fransiskus Jemadi, M.Pd memberikan simulasi pengajaran kepada para guru. Para guru sangat antusias dalam melakukan kegiatan dan sangat kooperatif dalam melaksanakan tugas mereka.

Kepala bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Manggarai Timur, Matias Mingga, S.Pd membuka dan menutup kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini.

 

Leave A Reply