PELATIHAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERNYAYI DAN PERMAINAN KREATIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.

Share

Dalam konteks pemerolehan dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia, melibatkan permainan kreatif yang bisa dikombinasikan dengan bernyanyi sangat dipengaruhi oleh kemampuan seorang guru dalam menyajikan proses kegiatan pemerolehan dan pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pemerolehan dan pembelajaran Bahasa Inggris sejatinya hasrus menarik dan menyenangkan bagi anak.

Penggunaan metode yang sesuai dan efektif untuk pengajaran Bahasa Inggris pada anak sekolah dasar sangatlah penting. Hal ini dikarenakan gaya belajar anak-anak sangatlah berbeda dengan orang dewasa. Gaya belajar anak-anak lebih mengutamakan kegiatan yang langsung berhubungan dengan kegiatan fisik (physical) dan gerakan (movement). Dengan demikian, pengajaran bagi anak-anak perlu diberikan secara intensif baik secara verbal maupun gerakan untuk membantu terjadinya proses belajar.

Dosen program studi pendidikan Bahasa Inggris, Fransiskus Jemadi, M.Pd dengan beberapa mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di desa Welu Kecamatan Cibal.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini telah memilih dan menerapkan metode Total Physical Response (TPR) sebagai cara untuk membantu siswa sekolah dasar di desa Welu Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai termotivasi belajar bahasa Inggris. Para siswa diperkenalkan dengan berbagai kosa kata sederhana dalam bahasa Inggris. Tidak hanya kosa kata yang mereka peroleh dan pelajari tetapi juga pengembangan karakter seperti tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dll melalui permainan kreatif. Kosa kata sederhana yang diperkenalkan kepada siswa berupa Things in the House/Part of the House dan part of the body. Sedangkan permainan permainan kreatif yang diperkenalkan kepada anak sekolah dasar di Welu  seperti Trap dan give me a picture of.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini diinisiasi oleh ketua PKM bapak Fransiskus Jemadi, M.Pd. Semua siswa sekolah dasar di desa Welu terlibat aktif mengukuti pembelajaran Bahasa Inggris. Mereka belajar bahasa Inggris dengan metode yang kreatif dan menyenangkan.

Para siswa terlihat begitu antusias dan bahagia karena mereka belajar sesuatu yang baru baik ilmu maupun cara penyajian materi yang diperkenalkan oleh mahasiswa.

Leave A Reply