STKIP Santu Paulus Ruteng Gelar PKM Melalui Kerjasama Lintas Sektor

Share

Kuwu adalah salah satu wilayah yang terletak di kelurahan Mbaumuku kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai-NTT. Wilayah ini masih berada dalam wilayah perkotaan dan dikenal sebagai wilayah kumuh dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Selain karena letak rumah yang berdempet-dempetan, lingkungan sekitar kampung ini juga sangat tidak bersih karena selokan-selokan umum yang tidak dibersihkan juga sampah-sampah rumah tangga yang tidak terorganisir dengan baik.  Manajemen pengolahan sampah dan kondisi sanitasi yang buruk merupakan  salah satu masalah yang menjadi momok di wilayah ini.

Untuk menjawab permasalahan kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah Kuwu yang merupakan wilayah padat penduduk, tim PKM yang melibatkan 9 orang dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Santu Paulus Ruteng menginisiasi kerjasama lintas sektor yang melibatkan Perguruan Tinggi, Pemerintah Kelurahan dan TP-PKK Kelurahan Mbaumuku, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kota, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), yang juga didukung oleh KODIM 1614 yang juga berkantor di wilayah kelurahan Mbaumuku.

Program kerjasama lintas sektor yang diketuai oleh Yosefina Rosdiana Su, S.S., M.Pd ini diisi dengan kegiatan Seminar dan penyuluhan Prilaku Hidup Bersih (PHBS) serta pendampingan PHBS Rumah Tangga bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari Puskemas Kota Ruteng. Kegiatan lainnya adalah kerjabakti lintas sektor yang berlangsung setiap hari Jumad selama 1 bulan, dan didukung oleh oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Manggarai.

Kegiatan peduli kesehatan lainnya yang dilaksanakan melalui kegiatan PKM ini adalah penyuluhan gizi yang melibatkan konsultan Gizi, Pemeriksaan Gigi dan Mulut Gratis untuk anak 2-15 Tahun yang melibatkan adalah 65 orang anak di wilayah sasaran. Salah satu luaran penting dari kegiatan ini adalah penggalangan komitmen bersama masyarakat dalam program Deklarasi Hapus (Hari Pungut Sampah) sebagai bentuk komitmen semua pihak untuk menyelesaikan persoalan sanitasi diwilayah ini. Deklarasi HAPUS menetapkan Hari Jumad sebagai hari pungut sampah yag dilaksanakan secara serentak di wilayah ini dan melibatkan bukan hanya masyarakat diwilayah sasaran tetapi juga pihak-pihak lain yang terlibat dalam kegiatan PKM ini.

Leave A Reply