737 Mahasiswa UKI Santu Paulus Ruteng Mengikuti Pembekalan KKN

Share

UKI Santu Paulus-Ruteng, 737 mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (UKI) Santu Paulus Ruteng akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelum melaksanakan KKN, terlebih dahulu mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti pembekalan.

Pembukaan pembekalan KKN ini, berlangsung di Aula Misio UKI Santu Paulus, pada Rabu (17/7/). Kegiatan  tersebut dihadiri oleh Rektor UKI Santu Paulus, Dr. Yohanes Servatius Boy Lon, M.A. Ketua Panitia 2 KKN Rudolof Ngalu, S.Fil.,M.Pd., yang juga adalah Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), para Dosen dari enam program studi dan 737 mahasiswa juga memadati ruangan pembekalan yang terdiri dari enam program studi yakni Program Studi Teologi, Bahasa Inggris, PGSD, Bahasa dan Sastra Indonesia, Matematika, dan PG-Paud.

Rudolof  Ngalu selaku Ketua Panitia 2 dalam sambutannya mengatakan bahwa KKN merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang berbentuk mata kuliah wajib yang ditawarkan oleh lembaga Pendidikan Tinggi, termasuk UKI Santu Paulus Ruteng. Dalam KKN yang dimaksud sesungguhnya merupakan integrasi dari tiga dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“Bagi kita di lembaga Pendidikan Tinggi ini, pelaksanaan KKN Integratif tahun ini terasa sangat istimewa dan sarat makna karena merupakan yang pertama sejak lembaga ini resmi menjadi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus. Kita boleh berbangga karena menjadi bagian dari sejarah ini. Kebanggan itu mestinya menjadi motivasi bagi kita untuk menorah sejarah dengan capaian keberhasilan dan prestasi” tegas Rudolof.

Lebih lanjut Rudolof mengatakan bahwa tema KKN tahun ini bertajuk “ KKN Sebagai Wadah Pengembangan Potensi Diri dan Pengabdian kepada Masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat”. Dengan tema ini diharapkan melalui pelakasanaan KKN, segenap potensi diri mahasiswa mendapat ruang dan kesempatan untuk diaktualisasikan.

Sementara itu disis lain, kata Rudolof, melalui KKN ini mahasiswa, Dosen, dan lembaga bisa berkontribusi dalam pembangunan dan merintis perubahan masyarakat kearah yang lebih baik.

Rektor UKI Santu Paulus saat memberikan sambutan sekaligus membuka pembekalan KKN TA 2019/2020
(Foto oleh Admin prodi PGSD)

Pembekalan ini dibuka secara resmi  oleh Rektor UKI Santu Paulus, Dr. Yohanes Servatius Boy Lon, M.A di Aula Missio pada tanggal 17 Juli  2019 pukul 08:00 WITA yang dihadiri oleh 737 mahasiswa yang terdiri dari 57 kelompok dan akan ditempatkan di kabupaten Manggarai Barat dan disebarkan ke lima Kecamatan  yakni kecamatan Kuwus, Welak, Pacar, Macang Pacar, dan Boleng. Pemilihan lokasi ini didasarkan rekomendasi Bupati Manggarai Barat dalam pertemuan dengan pimpinan Lembaga dan utusan panitia pada beberapa bulan lalu.

Rektor UKI Santu Paulus mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena menyadari bahwa KKN sangat penting dan krusial bagi pembentukan diri mahasiswa untuk menjadi Sarjana yang berkompeten, berdaya saing dan laku di dunia kerja. Kegiatan ini diibaratkan seperti acara wuat waí dalam budaya Manggarai (yang melambangkan dukungan dari seluruh keluarga besar bagi orang yang hendak melakukan perjalanan jauh atau belajar ditempat yang jauh).

lalong bakok du lako’m lalong rombeng du kole’m”, philosophy ini adalah harapan yang perlu digantungkan dalam pelaksanaan KKN tahun ini. Mahasiswa diutus dan didukung oleh berbagai kalangan olehnya itu sanngatlah diharapkan agar mahasiswa juga membawa keberhasilan, memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang lebih kaya, wawasan yang berwarna-warni, dan pola pikir yang terbuka, tegas Rektor.

“Tujuan dari pembekalan KKN adalah memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan , dan teknik untuk melaksanakan kegiatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan KKN mulai dari observasi dan penrencanaan sampai dengan evaluasi hasil pembuatan laporan, sehingga mahasiswa siap dalam hal persiapan Kuliah Kerja Nyata,” kata Rektor UKI Santu paulus.

Adapun pelaksanaan KKN ini sendiri berlangsung kuranglebih selama satu bulan yang  akan dimulai pada tanggal 24 Juli-21 Agustus 2019.

“Setelah KKN mahasiswa diharapkan untuk membuat laporan dengan baik. Laporan itu dapat menjadi tolok ukur kualitas kerja lembaga dan dapat merencanakan program-program kerja untuk ke depannya serta membantu untuk perkembanngan lembaga dimasa mendatang terutama dalam menjalankan tiga dharma Perguruan Tinggi yakni, Pengajaran, Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,”pesan Rektor

Dalam sambutannya, Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Manggarai Barat yang bersedia bekerjasama dengan Sivitas Akademika UKI Santu paulus, Panita KKN 2019/2020, calon peserta KKN, dan seluruh Sivitas Akademika serta semua pihak yang turut libat dalam menyukseskan KKN tahun ini.

empat Camat: Camat Boleng, Camat Welak, Camat Kuwus, dan Camat Pacar saat memaparkan materi pembekalan KKN.
(foto oleh Admin Prodi PGSD)

Hadir juga dalam pembekalan ini Camat Boleng, Camat Welak, Camat Pacar, dan Camat Kuwus. (Admin)