Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Paje terhadap Lingkungan Bersih Melalui PkM Paskah 2019

Share

“Lingkungan yang bersih dan sehat  dapat terwujud melalui kesadaran dan kecintaan manusia terhadap lingkungan.”

Demikian ungkapan Ketua Pengabdian kepada Masayarakat (PkM), dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, Remigius Baci, SH.,M.Pd., saat tiba di lokasi PkM, Paje, Kamis (18/04/2019).

Beliau mengungkapkan hal tersebut saat memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama anggota PkM berada di Paje, desa Wewa, kecamatan Welak, kabupaten Manggarai Barat dari 18-21 April 2018.

Melayani sesama adalah hasil yang diharapakan PkM. Bentuk pelayanan itu tertuang dalam program kerja PkM Paskah 2019 yang beranggotakan kelas III A, II A dan Simpatisan PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng yang didampingi oleh Remigius Baci, SH.,M.Pd. dan Selvianus Hadun, A.B.Philo.

Program kerja yang dilaksanakan oleh PkM adalah Dramatisasi kisah sengsara Yesus yang sering disebut dengan tablo,  Koor Selama perayaan ekaristi dari Jumat Agung sampai pada perayaan Minggu Paskah, Bakti sosial, Olahraga bersama dan malam kesenian. Bakti sosial merupakan salah satu program kerja yang sesuai dengan tema PkM yang bertajuk “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Paje terhadap Lingkungan Bersih Melalui PkM Paskah 2019” yang juga terintegrasi pada tema umum Paskah 2019 tentang pelayanan terhadap sesama.

“PkM melalui pelayanan Paskah 2019 ini tidak semata sebuah bahasa pelayanan melainkan bentuk riil yang tertuang dalam tindakan pelayanan. Meningkatkan kesadaran masyarakat Paje akan hidup sehat yang terwujud melalui lingkungan yang sehat merupakan hasil yang perlu dicapai melalui bakti sosial yang dilaksanakan pada Sabtu, 20 April 2019” ungkap  Pendamping PkM, Selvianus Hadun, A.B.Philo. pada saat bakti sosial (20/4/2019).

Kegiatan itu disambut baik oleh warga masyarakat Paje. Itu terlihat dalam antusiasme mereka berpartisipasi dalam kerja bakti sosial. Masyarakat bergabung bersama anggota PkM STKIP Santu Paulus Ruteng dalam membersih lingkungan dan menggali dua lubang sampah di sekitar kapela stasi paje.

“Saya sebagai kepala desa Wewa sangat merindukan dan menginginkan agar warga saya selalu berpartisipasi aktif mendukung program kerja desa. Salah satunya seperti kegiatan bakti sosial” kata Samuel Reja, Sabtu (20/4/2019).

“Desa kami dikenal sebagai desa hijau dan Desa sehat untuk kabupaten Manggarai Barat. Olehnya itu saya berterima kasih kepada mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng (kelas III A, II A dan Simpatisan PGSD) bersama pendamping PkM pak Elvis yang rela membangkitkan kembali kesadaran masyarakat Desa saya akan lingkungan yang sehat dan masyarakat sehat. Semoga kehadiran PkM ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Paje terhadap lingkungan bersih bukan hanya hari ini saja melainkan untuk selamanya” lanjut Samuel. (Admin***)