Eliterius Sennen Mengedukasi Guru-guru SD di Kecamatan Wae Ri’i dalam Penggunaan KIT Matematika

Share

KIT Matematika dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Ruteng, Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Drs. Eliterius Sennen, M.Pd. mengedukasi para guru di beberapa sekolah dasar (SD) di kecamatan Wae Ri’i, kabupaten Manggarai dalam penggunaan KIT Matematika atau media pembelajaran matematika, Sabtu (9/2/2019).

 Kemampuan para guru sekecamatan Wae Ri’i dalam menggunakan KIT Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedikitnya memperihatinkan. Begitu banyak para guru yang memiliki kesulitan dalam menggunakannya.

Kepada stkipsantupaulus.ac.id/pgsd Eliterius mengatakan bahwa realitas ini terjadi karena kurang memahami isi buku petunjuk dan sangat mengharapkan pelatihan dan pendampingan penggunaan KIT MIPA dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).

Menyikapi realitas itu, Eliterius bersama rekannya; Kanisius Supardi, M.Pd., dan Elisabeth N. Davidi, M.Pd., hadir untuk memberikan solusi melalui pelatihan dan pendampingan yang bertajuk pada “Edukasi Penggunaan KIT Matematika atau Media Pembelajaran Matematika bagi Guru SD di Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai”

Drs. Eliterius Sennen, M.Pd. Saat memberi Pelatihan dan pendampingan penggunaan KIT MIPA di Wae Ri’i. (Foto oleh: Tim PKm)

Pada saat pemaparan materi, Eliterius mengatakan bahwa usaha peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu program utama yang dicanangkan oleh pemerintah. Hal ini ditandai dengan meningkatnya anggaran dalam bidang pendidikan itu sendiri. Pengalokasian anggaran pendidikan tersebut sebagian difokuskan pada peningkatan kompetensi guru dan penyediaan sarana penunjang kegiatan pembelajaran seperti penyediaan alat peraga atau KIT Matematika di setiap jenjang pendidikan, termasuk di tingkat SD.

Baca juga: Eliterius Sennen Kembali Memberikan Bantuan Tunai Sejumlah RP. 34.400.000 Kepada Siswa/I SMPK Mutiara Rekas

Pelaksanaan kegiatan tersebut untuk para guru dibeberapa sekolah dasar sekecamatan Wae Ri’i yakni SDK Poco, SDK Timung, SDI Timung, SDN Bengkang, dan SDI Norang.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 14 hari terhitung dari tanggal 9-23 Februari 2019. Metode  pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan pendekatan sharing pengalaman, diskusi, dan simulasi.

Para guru yang mengikuti pelatihan dan pendampingan KIT MIPA. (Foto oleh: Tim PKm)

“Keberadaan KIT Matematika tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam menunjang kegiatan pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika di sekolah dasar” ujar Eliterius.

Baca juga: Drs. Eliterius Sennen, M.Pd. Memberi Konsep Umum Tentang Literasi Bagi Orang Tua dan Guru di Roe

Eliterius juga mengemukakan pentingnya alat peraga atau media dalam pembelajaran matematika adalah untuk mengkonstruksi bilangan melalui pengalaman yang dilalui atau dengan menggunakan benda konkret, memahami sistem bilangan dengan cara melakukan operasi hitung, pengelompokkan bilangan dan konsep nilai tempat, mengembangkan “number sense” dalam diri siswa, serta menjelaskan berbagai jenis penggunaan bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

Besar harapan Eliterius agar apa yang telah dilatih dalam pendampingan melalui PKM dapat diaktualisasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar mereka masing masing. Semoga siswa juga dengan mudah memahami pengetahuan yang diberikan oleh guru melalui pembelajaran KIT MIPA. (Admin***)