Gerakan Selebrasi Kerukunan Umat Beragama Generasi Milenial Menyongsong Pemilu Serentak 2019

Share

Rabu, (5/12/2018) Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) |Santu Paulus Ruteng, Ismail Nasar, M.Pd., yang juga adalah Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Manggarai mangatakan kerukunan dapat tercapai jika adanya toleransi, persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) Berbasis Semangat Gotong Royong

Hal ini disampaikan beliau pada saat adanya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula Efata Ruteng. Beliau hadir bersama sepuluh orang mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng dan Robertus Hudin, MM., rekan dosen yang juga adalah anggota PKM.

Pemetaan Potensi Ekonomi Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Benteng Tubi Kabupaten Manggarai

Ismail Nasar, ketua Pengabadian Kepada Masyarakat (PKM) sangat antusias mengikuti FKUB bersama sepuluh orang mahasiswa yang adalah anggota PKM. Beliau mengimpikan agar dengan adanya FKUB dapat terwujudnya sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama. Sikap toleransi itu mampu menciptakan persatuan dan kesatuan kerukunan sebagai langkah antisipatif dalam menyongsong pergulatan politik pemilu serentak 2019.
Sementara itu wakil bupati Victor Madur, dalam sambutanya mengatakan kerukunan dapat tercapai bila kita saling menghargai perbedaan di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati saat membuka konferensi FKUB di aula Efata Ruteng, Rabu (5/12/2018).
Beliau berharap FKUB mampu menyiapkan langkah-langkah preventif terhadap sikap politik yang seringkali memicu konflik antara umat beragama.

Begini Sambutan Keprodi PGSD Saat Menyelanggarakan Seminar Nasional Tentang PolitiK

Konferensi tersebut dihadiri oleh Administrator Apostolik Mgr. Silvester San dan tokoh-tokoh agama lainya dari kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Hadir juga sepuluh orang mahasiswa STKIP Santu Paulus.

Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Masyarakat Desa Bangka Ruang Kabupaten Manggarai

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dan negara diharapkan menjadi tombak atau pioneer yang mempromulgasikan toleransi, persatuan dan kesatuan antar umat beragama. Mereka juga diharapkan mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipatif serta preventif sikap-sikap politik yang selalu memicu konflik. Terutama menyongsong selebrasi tahun politik pemilu serentak 2019.
Mahasiswa juga adalah anggota agama yang seyogyanya memiliki sikap toleransi. Sikap itu dapat menumbuhkembangkan persatuan dan kesatuan kerukunan antar umat beragama.

Fokus FKUB ini adalah selebrasi kerkunan umat beragama. Impian tersebut patut dimiliki oleh setiap umat beragama baik dari tokoh-tokoh agama, kalangan akademisi, para politisi, maupun generasi penerus bangsa.

Oleh : Selvianus Hadun