Mahasiswa Tingkat IV PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng Mengikuti Kegiatan Pembekalan Magang II di Aula Misio

Share

Kegiatan pembekalan magang II program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengusung tema “Mempersiapkan Guru Profesional dan Kompetitif”. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng membuka secara resmi kegiatan tersebut pada pukul 09:30 WITA, bertempat di Aula Missio STKIP Santu Paulus Ruteng, Kamis (1/11/2018).

Sekitar 235 mahasiswa PGSD yang mengikuti kegiatan pembekalan magang II. Turut hadir para dosen PGSD yang juga adalah pendamping peserta Magang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 1-2 November 2018.

Workshop Penyusunan Borang Akreditasi SAPTO dan SPMI

Ketua STKIP Santu Paulus Ruteng, dalam sambutannya mengatakan, magang sebagai bagian dari kurikulum sekolah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), karena itu hendaknya mahasiswa tidak menjalankan program magang sekadar untuk menyelesaikan Sistem kredit semester (SKS). Kegiatan magang mesti dilihat mahasiswa sebagai sarana untuk belajar dan membentuk kompetensi pedagogik, profesional, social, dan pribadi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang sesungguhnya. Lebih lanjut, beliau mengingatkan para mahasiswa agar bisa menyikapi tahun politik dengan tidak terlibat dalam parpol tertentu, tidak melakukan profokasi serta dapat membantu membaharui pola pikir masyarakat tentang politik. Tak lupa pula beliau menekankan bahwa guru milenial harus memiliki dua kompetensi yakni kompetensi digital dan kompetensi data dalam menyongsong pendidikan era milenial.

Download Sertifikat Akreditasi Prodi PGSD

Sementara itu, Mikhael Nardi, M.Pd, Ketua program studi PGSD mengatakan bahwa magang II merupakan kesempatan mahasiswa untuk mengalami secara langsung tugas guru. Mahasiswa, calon guru harus mampu menjalankan dua dari empat kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik dan professional. Beliau mengingatkan mahasiswa untuk berwaspada karena kegiatan maganng II ini bertepatan dengan tahun politik. Mahasiswa tidak menjadi menjadi tim kampanye dari partai politik tertentu melainkan kehadiran mahasiswa harus mampu memberikan pencerahan dan pola pikir baru yang ideal mengenai politik.

Begini Sambutan Keprodi PGSD Saat Menyelanggarakan Seminar Nasional Tentang PolitiK

Peliput dan penulis: Melita Trisanti Parungato (mahasiswa PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng)
Editor: Elvis Hadun