Workshop Penyusunan Borang Akreditasi SAPTO dan SPMI

Share

Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan kebijakan baru Kemenristekdikti di pertengahan tahun 2017. Kebijakan ini menjadi hal baru dan sangat krusial bagi segenap dosen khususnya yang berkecimpung dalam proses akreditasi program studi maupun institusi perguruan tinggi. Menyikapi hal tersebut, Rabu (26/9/2018), bertempat di ruangan Eduardus 02 Sekolah Tinggi dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, para dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan Workshop Penyusunan Borang Akreditasi berbasis SAPTO dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Mikael Nardi, M.Pd. (ketua program studi PGSD) menerangkan tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan lembaga pendidikan tinggi menghadapi sistem akreditasi berbasis online (SAPTO). Kita menyiapkan proses akreditasi dengan baik dan harapan akan mendapatkan hasil yang baik.

Sekitar 33 dosen yang hadir dalam workshop tersebut. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi program studi dan institusi perguruan tinggi. Selain itu, SAPTO juga mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, dan pengunggahan dokumen.

Seusai ishoma, kegiatan kembali dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil kerja kelompok berdasarkan standar. Setiap standar melaporkan program kerjanya sesuai standar yang telah ditugaskan. Adapun tugas-tugas yang dimaksud dibagi ke dalam tiga bidang utama yakni Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian, dan Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Setiap bidang memiliki standar-standar tertentu.

Dr. Marsel R. Payong, M.Pd. dalam pemaparan materinya menegaskan tentang proses dan teknis pelaksanaan akreditasi. Kemudian dilanjutkan dengan teknis penguggahan dokumen ke laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari penuh diharapkan mampu menambah wawasan serta membantu para pelaksana pembuatan dokumen akreditasi prodi dalam menyusun dokumen yang sesuai dengan format BAN-PT dan pada akhirnya diharapkan prodi mampu meraih hasil akreditasi semaksimal mungkin.

Peliput dan Penulis: Selvianus Hadun