Share

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang biasa digunakan dalam masakan rumah tangga. Salam juga memiliki khasiat kesehatan, terutama jika diolah menjadi teh herbal. Teh ini dapat dijadikan minuman alternatif dalam rumah tangga. Di Manggarai terutama di daerah Cibal Barat, terdapat banyak tumbuhan salam. Dalam kehidupan masyarakat setempat, belum banyak yang tahu tentang khasiat teh daun salam sehingga pohon salam dianggap hanya pohon biasa sajaselain sebagai bumbu masakan.

Baca juga: Remigius Baci: Meningkatkan Kesadaran dan Kecintaan Masyarakat Kampung Copu Desa Ruis terhadap Alam

Tim PkM Prodi PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng (Wigbertus G. Utama, M.Sc; Fransiska Jaiman Madu, M.Pd; dan Mariana Jediut, M.Pd.) berinisiatif untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan teh herbal berbahan dasar daun salam selama 3 bulan pada anggota posyandu Dusun Akel dan Dusun Cipi Kecamatan Cibal barat. Anggota posyandu dianggap memiliki potensi yang baik dalam mengubah pola hidup dalam rumah tangga. Selain itu, kegiatan posyandu dilakukan secara rutin setiap bulan sehingga memudahkan koordinasi dan pendampingan lanjutan. Kegiatan ini juga melibatkan LSM Sejahtera Desaku (SDK) sebagai partner. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan secara langsung kepada kelompok sasaran. Pelatihan tersebut dimulai dengan kegiatan sosialisasi manfaat teh herbal, pelatihan cara membuat teh herbal dan penyajiannya, lalu menyususn rencana tindak lanjut.

Baca Juga: Kanisus Supardi: Memberi Pelatihan Pembuatan Briket dari Cangkang Kemiri kepada Masyarakat Desa Toe

Kegiatan PkM ini memberikan manfaat yang besar bagi anggota posyandu Dusun Akel dan Cipi. Menurut Bapak Wigbertus G. Utama, M.Sc selaku ketua tim pelaksana, “kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat lain dari daun salam selain sebagai bumbu masakan”. Tim PkM berharap anggota Posyandu terus mengembangkan produk teh herbal daun salam sehingga dapat meningkatkan kesehtan dan kesejahteraan ekonomi.

Penulis: Mariana Jediut