Menumbuhkan Rasa Cinta Anak-Anak SDK Lous Terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English For Fun

Share

Ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, Robertus Hudin, MM., mengatakan English for fun dapat membantu menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap pembelajaran bahasa Inggris.

Rober Hudin, menyampaikan hal tersebut pada saat berada di lokasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SDK Lous, kecamatan Cibal, kabupaten Manggarai, Senin (20/8/2018).

Baca juga: Pengembangan Karakter Anak Melalui Kegiatan Peningkatan Kesadaran akan Kebersihan Diri dan Lingkungan

Beliau menjalankan PKM di SDK Lous stelah mengetahui beberapa alasan mendasar yang menjadi pokok permasalahan dalam PKM yang mereka jalankan.

“Adapun masalah itu adalah pihak sekolah tidak menyediakan media pembelajaran bahasa inggris sebagaimana mestinya, sehingga pelajaran bahasa inggris berjalan kurang effektif dan maksimal. Guru pelajaran bahasa inggris kurang kreatif dalam pemaparan bahan ajar bahasa inggris sehingga membosankan bagi siswa-siswi dan tidak menyenangkan. Lebih ekstreme lagi menurut siswa/i kelas V SDK Lous bahawa mata pelajaran bahasa inggris tidak begitu penting untuk dipelajari sehingga kurang diperhatikan.” tegas Robertus Hudin dengan lugas.

Baca juga: Upaya Meningkatkan Kesadaran Anak Muda dan Pelesterian Adat Kokor Tago2018/10/05 Upaya

Menyikapi realitas ini tim PKM dari STKIP Santu Paulus Ruteng yang diketuai oleh Robertus Hudin, MM., (NIDIN. 03 1509 7001) bersama 5 orang anggotanya yakni (2 orang mahasiswa PGSD, 1 orang mahasiswa Bahasa Inggris, 1 orang mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia, dan 1 orang mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini) melaksanakan kegiatan PKM yang bertajuk “Menumbuhkan Rasa Cinta Anak-Anak Terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English For Fun Di SDK Lous, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.”

Baca juga: Upaya Meningkatkan Kesadaran Anak Muda Tentang Dampak Penggunaan Smart Phone Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Desa Golo Lanak

Kegiatan PKM itu dilaksanakan langsung di SDK Lous, desa Ladur, kecamatan Cibal, kabupaten Manggarai tepatnya pada tanggal 20-21 Agustus 2018. Kegiatan ini dilaksanakan setiap pukul 08: 00 – 13:00 WITA. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa/i kelas V SDK Lous.

Klik Di sini: Download Sertifikat Akreditasi Prodi PGSD

Beliau mengatakan, adapun luaran dari kegiatan PKM itu adalah adanya pemahaman mitra tentang pentingnya media pembelajaran, sehingga mitra dapat menyediakan media. Terciptanya pemahaman siswa/i terhadap materi pembelajaran dengan bagus melalui pembelajaran yang didukung oleh media pembelajaran. Siswa/i kelas V SDK Lous tidak lagi merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran bahasa inggris dengan adanya permainan dalam pembelajaran. Pemahaman awal siswa/i yang menganggap mata pelajaran bahasa inggris tidak penting untuk dipelajari menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan sangat penting, tegas Robertus lebih lanjut.

Baca juga: Gerakan Selebrasi Kerukunan Umat Beragama Generasi Milenial Menyongsong Pemilu Serentak 2019

Setelah kegiatan PKM dilaksanakan selama dua hari berlangsung terlihat hasil yang sangat memuaskan. Semua siswa/i kelas V SDK Lous memiliki pengetahuan tentang pentingnya pembelajaran bahasa inggris. Mereka sangat suka dan bahkan ingin praktek terus bahasa inggris dalam kehidupan mereka. Hal itu dibuktikan melalui ungkapan beberapa siswa kelas V yang mengikuti kegiatan tersebut. Munculnya perasaan suka terhadap pembelajaran bahasa inggris setelah mengikuti kegiatan English for fun, ungkap Robertus.

Beliau berharap agar setelah kegiatan PKM tersebut siswa kelas V SDK Lous dapat menjadi motivator bagi teman-teman sesekolah. Tidak lagi melihat pembelajaran bahasa inggris sebagai sesuati yang tidak berguna melainkan sebagai perangsang niat dan minat dalam berkomunikasi bahasa inggris.

Oleh; Selvianus Hadun