Tingkat IA dan IIA PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng menjalankan PKM Melalui Pelayanan Paskah di Stasi Paje Paroki Orong Tahun 2018

Share

Momen Paskas 2018 adalah salah satu kesempatan bagi suluruh mahasiswa STKIP Ruteng untuk belajar dan berada bersama masyarakat. Hal yang sama dilakukukan oleh mahasiswa tingkat IA dan IIA Porgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP St. Paulus Ruteng. Kelompok mahasiswa yang dibimbing oleh Selvianus Hadun, A.B.Philo itu melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Paskah di Stasi Paje Paroki Orong-Keuskupan Ruteng (Kecamatan Welak)

Kelompok PKM yang mengusung tema“Sehati dan Sejiwa”  diterima secara adat  oleh tokoh-tokoh masyarakat sedesa Wewa, para guru, dan umat stasi Paje umumnya  ketua  Dewan Stasi Paje bapak Samuel Reja yang juga adalah kepala desa Wewa (28 Maret 2018)

Kordinatir Kelompok PKM tersebut, Dominikus Udin  mengatakatan ketulusan hati dan kegembiaraan umat setempat nampak dalam acara penerimaan adat. Gambaran ini merupakan wujud konkrit suasana sehati dan sejiwa. Lanjut mahasiswa yang biasa di sapa Doni itu.

 

Peserta PKM disambut secara adat  oleh masyarakat setempat. Penyambutan adat ini dipimpin oleh   bapak Gaspar, disaksiksikan oleh tokoh umat, ketua Dewan Stasi dan pengurus, serta pemerintahan Desa;  Selanjutnya Pendamping PKM, Selvianus Hadun, A.B.Philo yang akrab dipanggil Elvis menerima penyambutan adat tersebut dan memberikan sambutan singkat.

Baca Juga:  Ini Jenis Kegiatan IIC PGSD dan GAMASANDO STKIP Pada Pekan Paskah di Paroki St. Klaus Werang

PKM melalui pelayanan  Paskah di stasi Paje, Paroki Orong semuanya berjalan dengan baik. Kegiatan-kegiatan yang dibawakan oleh mahasiswa/i PGSD kelas I A dan IIA STKIP Santu Paulus Ruteng adalah koor pada perayaan Kamis Putih, Tablo pada Jumat agung dan pada perayaan ekaristi Jumat Agung, koor pada perayaan Sabtu Suci, koor pada perayaan misa Minggu Paskah, bakti sosial, penghijaun, olahraga, dan beberapa kegiatan pada malam kesenian. Semua kegiatan tersebut terorganisir dengan baik di bawah kordinir Pembina Selvianus Hadun, A.B.Philo. dan ketua kordinator, Dominikus Udin.

Terkait seluruh jenis kegiatan,  bapak Samuel Reja (ketua dewan stasi Paje) mengatakan “paskah kali ini di Stasi paje memberikan warna tersendiri dan sangat meriah”. Semua itu terjadi berkat kehadiran rombongan peserta PKM  dari PGSD kelas I A dan IIA STKIP Santu Paulus Ruteng tegasnya lebih lanjut. Umat Stasi Paje sungguh merasakan pelayanan mereka. Sebagian umat mengungkapkan bahwa “dari sekian kunjungan yang datang dari  organisasi  luar, rombongan PGSD kelas I A dan IIA STKIP Santu Paulus Ruteng  dibawah bimbingan Pak Elvis kali ini yang menjadi kenangan yang paling indah dan paling ramai dan juga didukung oleh berbagai kegiatan yang dipersembahkan oleh rombongan mahasiswa tersebut kepada umat.

Ditemui secara terpisah, RD. Yuvensius Rugi, Pr, mengatakan  “kegiatan PKM yang dibawahkan oleh mahasiswa/I PGSD kelas I A dan IIA STKIP Santu Paulus Ruteng sangat menyenangkan”. Saya apresiasi kekompakan tim PGSD kelas IA dan IIa STKIP Santu Paulus Ruteng  dibawah bimbingan Pak Elvis dan ketua kordinator Domi,  koor dan liturgy sangat sesuai dan meriah, tegasnya lebih lanjut. Beliau pada waktu itu sebagai imam presider misa selama pekan Paskah di stasi Paje” (01/04/2018)

Kegiatan PKM berakhir dan ditutup dengan malam kesenian pada 1 April 2018 malam. Malam kesenian itu dibawah tema “Merajut Fraternitas Dalam Kebangkitan Kristus”.  Tema ini diangkat sebagai rangkuman dari semua kegiatan PKM di stasi Paje dan desa Wewa yang menggambarkan persatuan dari Peserta PKM, kekompakan umat satsi Paje dan masyarakat desa Wewa. Kesuksesan dan keberhasilan dari PKM melalui pelayanan Paskah di Stasi Paje dan desa Wewa berjalan dengan baik sampai akhir berkat semangat persaudaraan yang “sehati dan sejiwa” dalam menjalankan segala kegiatan yang telah berlangsung.

 

Peliput & Penulis naskah : Elvis Hadun

Publikasi & Editor           : Feliks Hatam