Pelatihan Membuat Brownies dan Kripik Bonggol Pisang Untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kampung Sita

Share

Mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) STKIP St. Paulus melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi bagi ibu-ibu rumah tangga di kampung Sita, Kabupaten Manggarai Timur. Pemberdayaan ekonomi berupa kegiatan pelatihan membuat brownies dan kripik dari bonggol pisang tersebut dilakukan pada tanggal 23-26 Januari 2018.

Kegiatan tersebut bermula dari masalah kurangnya pengetahuan, kesadaran masyarakat kampung Sita akan potensi ekonomis dari bonggol pisang padahal kampung Sita  adalah salah satu kampung penghasil tanaman pisang di Kabupaten Manggarai Timur. Atas dasar masalah tersebut, kelompok PKM yang diketuai oleh Selviana Ejam dan didampingi oleh Arnoldus Helmon, M.Pd selaku dosen pendamping menawarkan program pengolahan bonggol pisang menjadi kripik dan brownies.

Melalui program ini, ibu-ibu rumah tangga di Sita diharapkan mengetahui dan menyadari manfaat bonggol pisang sebagai salah satu sumber pangan alternatif, terampil mengolah bonggol pisang menjadi produk makanan layak konsumsi dan layak jual, mampu mempromosikan dan membangun jaringan pemasaran hasil olahan bonggol pisang tersebut.

Kegiatan ini berhasil menarik simpati ibu-ibu rumah tangga di kampung Sita. Sejumlah 15 orang ibu rumah tangga hadir dan terlibat secara aktif dalam kegiatan berdikusi untuk memperkaya wawasan tentang manfaat bonggol pisang sebagai sumber pangan alternatif, berlatih mengolah bonggol pisang menjadi kripik dan brownies, mempromosikan dan membangun jaringan pemasaran dari hasil olahan tersebut. Mereka merasa bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka. Selain itu, hadir pula kepala sekolah SDI Sita, tokoh masyarakat, dan pemilik kios yang menyaksikan dan menilai kualitas brownies dan kripik hasil olahan ibu-ibu tersebut.

 

Penulis   : Arnoldus Helmon

Editor    : Lian Jemali