STKIP RUTENG GELAR PKM PASKAH: UMAT STASI PALENG ANTUSIAS MENYAMBUT

Share

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus, Ruteng, Manggarai, Flores, NTT menyelenggarakan PkM Paskah di Stasi Santu Arnoldus Jansen, Paroki Santu Eduardus Watunggong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis–Senin (18 – 22/4/2019). Prodi Pendidikan Matematika merupakan salah satu dari enam Program Studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Santu Paulus yang melaksanakan PkM Paskah tahun ini.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) tersebut diikuti oleh 71 mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2. Kegiatan PkM ini sebagai salah satu kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap program studi. Selain itu, kegiatan PkM ini menjadi program rutin yang setiap tahun dilakukan oleh lembaga STKIP sejak tahun 2017. Kegiatan ini juga menjadi salah satu wadah yang dapat mengembangkan bakat dan  minat mahasiswa.

Warga/umat di sana menerima mahasiswa dengan antusias. Mereka menyambut para mahasiswa dengan suka cita dan hati gembira dengan acara adat atau budaya setempat. Umat di stasi ini merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa. Adapun kegiatan-kegiatan PKM mahasiswa ini yaitu membawa koor malam paskah, koor hari raya paskah, bakti sosial/membersihkan lingkungan di sekitar Gereja Paleng, penghijauan, mengikuti jalan salib bersama umat, pertandingan persahabatan dan malam kesenian. Semua kegiatan ini berjalan lancar dan aman, Kamis – Senin (18 – 22/4).

PkM Paskah tingkat Prodi Pendidikan Matematika merupakan kali kedua diselenggarakan di Stasi Paleng. Kali pertama pada tahun 2016. Reward untuk stasi Paleng berupa piagam penghargaan. Sebelumnya, pihak Prodi menyelenggarakan PkM Natal 2018 di Paroki Golowelu, Kabupaten Manggarai Barat dan Bea Muring, Kabupaten Manggarai Timur.

Kegiatan PkM Paskah tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Lembaga Pendidikan STKIP Santu Paulus kepada masyarakat, memperluas wawasan mahasiswa tentang hidup bermasyarakat, menjalankan program Tri Darma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat, dan mempererat hubungan sosial antara mahasiswa dengan masyarakat.

Agar tujuan kegiatan ini terwujud, maka perlu solusi konkret yang harus dilakukan. Kampus STKIP Santu Paulus sebagai bagian dari masyarakat Manggarai Raya memiliki tanggung jawab untuk mengaktualisasikan tujuan PkM ini. Karena itu, perlu dilakukan kegiatan PkM. Maka dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Emilianus Jehadus, S.S.,M.Pd (NIDN:0821056901) sekaligus sebagai Ketua Prodi mendampingi mahasiswa untuk kegiatan PkM ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan umat makin rajin mengikuti kegiatan rohani. Umat merasa gembira dan senang karena merayakan Pekan Suci dan Paskah dalam suasana kasih, kekeluargaan dan penuh persaudaraan. PkM ini telah berdampak positif pada umat dari berbagai level umur (orangtua, kaum muda dan anak-anak) yaitu makin rajin dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan Gerejani di stasi Paleng. Antusiasme umat begitu tinggi, kata Agustinus Newar selaku ketua Panitia Pelaksana PkM Paskah 2019.

Leave A Reply