SMA NEGERI 1 LANGKE REMBONG JUARA 1 OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMA/MA SE-MANGGARAI RAYA

Share

Paul Dirac, seorang ahli Fisika Kuantum berpendapat “Tuhan menggunakan matematika dalam menciptakan jagat raya”. Pendapat Paul Dirac di atas sungguh melegitimasi matematika sebagai cabang ilmu yang sangat penting dalam memajukan peradaban dunia. Karena itu, pengembangan kemampuan matematika mendapat tempat dan perhatian yang sangat serius di semua kalangan terdidik.

Dalam misi yang sama mengembangkan kemampuan matematis, program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus menyelenggarakan Olimpiade Matematika Tingkat SMA/MA Se-Manggarai Raya. Kegiatan ini berlangsung di Ruteng (Aula Van Rosmalen) pada hari Jumat (15/03/2019).

Peserta kegiatan berasal dari 17 SMA/MA yang berasal dari tiga kabupaten yakni  Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Manggarai Barat. Jumlah seluruh peserta adalah 60 siswa yang didampingi oleh guru-guru mata pelajaran matematika sekolah.

Ada pun yang meraih juara I-III dan kejuaraan Olimpiade matematika adalah: Juara I diraih oleh SMAN 1 Langke Rembong, juara II SMA Seminari Pius XII Kisol, juara III  oleh SMAK Santu Yohanes Paulus II Labuan Bajo. Sedangkan juara Harapan I dan Harapan II diraih masing-masing oleh SMAN 1 langke Rembong dan SMA St. familia Lembor.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Emilianus Jehadus, S.S., M.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan matematika khususnya pada soal-soal dengan spesifikasi yang tinggi.

“Kita juga mau supaya matematika itu semakin memasayarakat. Kami juga akan berusaha membuat MoU dengan PPO Propinsi dan Kabupaten supaya prestasi peserta olimpiade matematika, lebih diperhatikan lagi” pungkasnya.

Leave A Reply