PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN: INTEGRASI KONSEP KEKINIAN DAN KEDISINIAN

Share

Anggota PkM bersama peserta

Salah  satu  kompetensi  yang  harus  dimiliki  seorang  guru  adalah  kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik berhubungan dengan kecakapan, kemahiran dan  kemampuan  guru  dalam  memahami  ilmu  pengajaran.  Kemampuan  guru dalam  aspek  pedagogik  dapat  direfleksikan  melalui  kemahiran  guru  dalam mengelola  proses  pembelajaran  serta  proses  penilaian  hasil  belajar  siswa. Pengelolaan    proses    pembelajaran    berkaitan    dengan    pemilihan    strategi pembelajaran  yang  tepat  dan  berkesinambungan,  sedangkan  penilaian  hasil belajar berhubungan dengan proses pengonstruksian alat evaluasi sampai pada pengumpulan dan pengolahan data.

Pemilihan strategi serta media tentunya disesuaikan dengan perubahan kurikulum serta perkembangan jaman. Hal ini berlaku untuk semua pelaksana pendidikan di Indonesia. Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu kabupaten yang sudah mulai menyamakan proses pendidikannya dengan daerah lain yang mengimplementasikan kurikulum 2013. Pembelajaran yang kekinian tentunya tak bisa dielak lagi. Selain itu, pembelajaran yang berbasis masaalah nyata disekitar siswa juga tak dapat dipisahkan.

Mengingat pentingnya kedua kaidah pembelajaran tersebut maka Dosen STKIP Santu Paulus program studi Pendidikan Matematik, Silfanus Jelatu, M.Pd (NIDN. 0804059201) bersama tiga orang mahasiswa melalui Kegiatan  Pengabdian Masyarakat memperkenalkan kepada guru-guru matematika SMP di Kabupaten Manggarai Timur ini tentang pembelajaran yang ideal diaplikasikan sekarang ini. Ia mengangkat judul PkM “Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan: Integrasi Konsep Kekinian dan Kedisinian”

“Melalui kegiatan PkM ini guru-guru akan diperkenalkan tentang pembelajaran kekinian yakni pembelajaran yang berbasis ICT serta kedisinian dalam arti pembelajaran yang kontekstual”, Ujar Jelatu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2018 bertempat di SDK Bugis Borong, Manggarai Timur. Peserta dalam kegiatan ini adalah kelompok MGMP Matematika Tingkat SMP se Kabupaten Manggarai Timur. Ketua MGMP Matemaika SMP, Marselinus Enggu, M.Pd menyatakan bahwa guru-guru membutuhkan update tentang inovasi dalam pembelajaran sehingga kegiatan ini merupakan jawaban atas keinginan tersebut.

Hasil  dari  kegiatan  ini  menunjukkan  bahwa  semua  peserta  dapat  merancang satu bahan ajar untuk satu KD yang mengintegrasikan penggunaan media serta adanya  keterkaitan  dengan  kehidupan  nnyata  di  Manggarai  Timur.  Selain  itu, berdasarkan  hasil  wawancara  semua  peserta  menyatakan  menyukai  kegiatan pelatihan yang dibawakan oleh tim. (SJ)

Leave A Reply