PKM Melatih Anak PAUD KB Tunas Mbero dalam Pengenalan Huruf dan Angka Melalui Metode Bercerita

Share


Foto: Siswa PAUD Tunas Mbero asyik belajar dengan bercerita

Pada bulan Agustus 2018, dalam kegiatan KKN Integratif dari STKIP Santu Paulus Ruteng, Dosen Pembimbing Magang bersama mahasiswa KKN melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di PAUD Tunas Mbero, Desa Bulan, Kecamatan Ruteng.

PKM ini menyasar pengembangan kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif pada anak memang berbeda-beda. Ada yang responnya lambat dan ada pula yang sesuai dengan level perkembangan tergantung pada kematangan anak itu sendiri. Bagi seorang anak, sejak usia dini harus ada upaya yang merangsang pengembangan kognitif. Kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk beragam, asalkan mampu menstimulus perkembangan kognitif anak secara maksimal. Contoh perkembangan kognitif dini anak adalah mengenal huruf dan angka.

Berdasarkan survey awal di PAUD Mbero, Desa Bulan, para mahasiswa KKN Integratif 2018 menemukan permasalahan antara lain: (1) Tutor kewalahan untuk menarik perhatian peserta didik dalam latihan membaca, menulis dan berhitung level PAUD, (2) kemampuan membaca, menulis dan berhitung untuk level PAUD ini masih sangat rendah, dan (3) peserta didik tidak mampu mengingat kembali pembelajaran menulis dan berhitung.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng melakukan perubahan metode yang sudah diterapkan dengan metode bercerita. Metode bercerita digunakan dalam bentuk cerita keseharian anak-anak di lingkungan sekitarnya. Melalui metode bercerita, anak PAUD dapat mengetahui bahwa pengetahuan yang mereka dapat di sekolah akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah bagian pendukung dari pembelajaran di sekolah.

(Sebastianus Fedi)

Leave A Reply