PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA MELALUI KEGIATAN BELAJAR BERBASIS DESA DI DESA PONGGEOK KECAMATAN SATARMESE KABUPATEN MANGGARAI

Share

Pendidikan mempunyai peranan penting. Pendidikan tidak mengenal usia dan waktu tempat berlangsungnya pendidikan. Pendidikan anak  harus di bekali dan di persiapkan dengan matang. Ada banyak upaya dalam mempersiapkan pendidikan diantaranya adalah pemberdayaan anak melalui kelompok belajar. Kelompok belajar bisa di laksanakan di berbagai tempat. Hal serupa pun dengan anak- anak usia sekolah dasar di persiapkan dalam menumbuhkan kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar harus ditumbuhkan dan di kembangkan dengan baik, dengan demikian kebiasaan belajar yang baik di tumbuhkembangkan secara berkesinambungan. Desa Ponggeok merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Satar Mese. Desa Ponggeok merupakan salah satu desa yang di diami dengan mayoritas anak- anak sekolah dasar. Ada dua lembaga pendidikan usia sekolah dasar yang berada di bawah wilayah kepemerintahan Desa Ponggeok.

Mempertimbangkan pentingnya menumbuhkan kebiasaan belajar di Desa Ponggeok,  maka tim dari STKIP Santu Paulus Ruteng yang terdiri 1 orang dosen dan 3 orang mahasiswa yaitu: Alberta Parinters Makur, S.Si, M.Pd (NIDN. 0409058801), Yohana Sartika Sadung (NPM. 15.31.4035), Kristianus Ampung (NPM.15.31.6174), dan Theresia Edith Madis (NPM.15.31.5128)memandang perlu untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai solusi atas persoalan tersebut. Adapun judul PkM yang dibuat adalah PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA MELALUI  KEGIATAN  BELAJAR BERBASIS DESA DI DESA PONGGEOK KECAMATAN SATARMESE KABUPATEN MANGGARAI.

PkM ini mendorong mayoritas anak- anak usia sekolah dasar untuk memanfaatkan waktu untuk bermain karena fasilitas belajar yang tidak tersedia untuk di jadikan tempat belajar kelompok di wilayahnya. Melihat realita ini. Kelompok telah membangun wadah pemberdayaan terhadap pembinaan kebiasaan belajar anak usia sekolah dasar melalui sebuah kegiatan KBBD ( Kelompok Belajar Berbasis Desa ). KBBD merupakan fasilitas yang di dirikan dalam menumbuhkan semangat belajar anak. KBBD di pimpin oleh 3 Orang tutor yang bisa di jadikan sebagai guru kecil dalam memmbimbing anak- anak usia sekolah dasar. KBBD Terdiri dari 3 program utama yaitu:

  1. Latihan membaca bagi anak usia sekolah dasar kelas 1- 3
  2. Latihan menghitung bagi anak usia sekolah dasar kelas 4-6
  3. Latihan kepemimpinan melalui kegiatan kepramukaan kelompok kecil.

Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak di Desa Ponggeok semakin rajin dalam kegiatan belajar terutama belajar di rumah serta dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Anak juga diharapkan dengan adanya latihan kepemimpinan, mereka dapat memimpin teman-teman serta berlaku adil dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun ditengah masyarakat.

Leave A Reply