RUMAH LITERASI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN GAIRAH MEMBACA BAGI ANAK SD DI DESA NAO

Share

Literasi siswa sudah sangat menggema di abad 21 ini untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Siswa diharapkan mampu mengembangkan segala potensi dirinya untuk kepentingan masa depannya. Pelaksanaan pendidikan abad 21 menekankan pada pembentukan karakter untuk menghasilkan output  yang inovatif dan kreatif.

Proses menumbuhkan semangat berliterasi bagi siswa, diperlukan inspirasi dan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan yang paling penting yaitu dari kalangan perguruan tinggi untuk memajukan pendidikan di suatu wilayah. Salah satu program pengabdian masyarakat yang mendukung kemajuan pendidikan yaitu dengan membentuk rumah literasi.

Oleh karena itu, peran kampus sangat penting dalam meningkatkan literasi siswa. STKIP Santu Paulus sebagai kampus swasta di Flores turut membantu meningkatkan literasi siswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema ”Rumah Literasi Kreatif untuk Meningkatkan Gairah Membaca Bagi Anak SD di Desa Nao”.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 06 – 31 Agustus 2018 dengan ketua pelaksana  dan pendamping kegiatannya,Ricardus Jundu (NIDN. 0818098605), dosen program studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus. Kegiatan ini melibatkan 5 orang mahasiswa sebagai pendamping belajar siswa di desa Nao.

Ricardus Jundu menambahkan bahwa kegiatan rumah literasi ini sangat bermanfaat bagi anak SD di desa Nao dengan pertimbangan bahwa para siswa di desa Nao tidak memiliki waktu yang banyak untuk belajar. Siswa terkadang hampir tidak belajar dalam sehari karena berbagai alasan. Alasan mendasar mereka yaitu tidak adanya wadah yang mendukung mereka untuk belajar seperti ruang, media, dan buku.

Mahasiswa mendampingi anak SD dalam belajar sehingga menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan sehingga bisa membantu meningkatkan prestasi belajarnya. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan rumah literasi di desa Nao dipandang perlu sehingga secara langsung dapat membentuk karakter dan semangat berliterasi bagi siswa.

Leave A Reply