KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SANTU PAULUS RUTENG

Share

Dosen program studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng Bedilius Gunur (NIDN: 0809098801) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Ruang, desa Ruang Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai yang bertema “BERNYANYI DAN BERMAIN: Mengenal Matematika Lebih Dekat Pada Anak-Anak Di Desa Ruang, Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai”. Kegiatan ini dilakukan bertempat di Ruangan SDI Ruang kecamatan Satar Mese Utara pada tgl 21 Juli- 4 Agustus 2018. Kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu anak-anak Sekolah Dasar di desa Ruang dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kosep matematis dan juga mengenal matematika lebih dekat pada anak-anak melalui metode bernyanyi dan bermain.

Kegiatan ini berlandaskan pada padangan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit, menakutkan, dan sangat abstrak. Pandangan ini didukung oleh prestasi belajar matematika siswa yang masih sangat memperihatinkan, oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah gerakan inovasi pembelajaran yang dapat membantu anak-anak dalam belajar. Salah satunya adalah dengan mengunakan metode bernyanyi sambil bermain. Metode bernyanyi sambil bermain adalah aktivitas yang melibatkan siswa belajar bernyanyi sambil bermain. Nyanyian yang dilantunkan adalah lagu-lagu modifiksi dengan syair konsep matematis (yel-yel Matematika). Kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari Minggu yang bertempat di Ruangan SDI Ruang. Adapun tahapan dalam kegiatan ini antara lain persiapan materi, pematangan konsep, pelaksanaan kegiatan, evaluasi kegiatan, penyusunan laporan, dan laporan pertanggung jawaban.

PKM ini melibatkan dua orang alumni dan tiga orang mahasiswa sebagai anggota. Pada level mitra kegiatan ini juga melibatkan Bapak Kepala desa Ruang, Kepala Sekolah Dasar Impres Ruang yang bertugas sebagai penanggungjawab selama kegiatan berlangsung.

Leave A Reply