MAHASISWA PRODI MATEMATIKA STKIP SANTU PAULUS RUTENG MELAKSANAKAN BAKTI SOSIAL BERSAMA ORANG MUDA KATOLIK (OMK) STASI LENGOR

Share

Paskah merupakan momentum dimana umat kristiani memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari alam mati sekaligus merupakan momentum untuk menjalin hubungan baik terhadap sesama. Bagi mahasiswa dan dosen pendidikan matematika STKIP Santu Paulus Ruteng, perayaan Paskah tahun ini diisi dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berjudul Generesi Muda Yang Berkarakter Melalui Kegiatan Bakti Sosial”. Kegiatan ini dilakukan di Lengor, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

Kegiatan ini berlandaskan pada kesadaran terhadap peran generasi muda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan sekaligus menjadi agent of change dalam menegakkan kembali cita-cita bangsa. Peran dan  partisipasi pemuda sangat penting dalam membangun kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa setiap negara selalu berusaha untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan  karakter  pemuda. Namun pada kenyataannya generasi muda sebagai pembawa perubahan tidak lagi dapat diharapkan. Pemuda saat ini sedang menggalami krisis karakter yang memprihatinkan sehingga akan mengakibatkan gagalnya estafet  kepemimpinan bangsa dan semangat  kepemimpinan hanya menguntungkan segelintir orang atau keuntungan pribadi.

Oleh karena itu, setiap insan bertanggung jawab dalam melahirkan generasi muda yang berkarakter, berpendidikan, bertanggung jawab, mempunyai nilai moral yang baik dan tentunya berkarakter. Membangun karakter (character building) generasi muda merupakan upaya untuk membangun bangsa, sehingga  karakter pemuda yang harus dibangun, yaitu rasa cinta pada Tuhan,  kebenaran, tanggung jawab,  disiplin, mandiri,kejujuran, rasa hormat, sopan santun, peduli,  kerja sama, percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah, adil dan  berkepemimpinan, rendah hati, toleransi, dll.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter pemuda adalah bakti sosial. Bakti sosial merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Melalui kegiatan bakti sosial, penghijauan, pembersihan lingkungan, olahraga bersama para pemuda dibentuk, bagaimana bekerja sama bahwa segala sesuatu tidak bisa diselesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain, membuka diri, dan belajar untuk menjadi pemimpin bahwa seseorang tidak bisa bertindak sesuka hati tetapi menjadi pemimpin berarti melatih diri untuk lebih bersabar, berkomitmen dan berempati.

Dosen yag terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Bedilius Gunur (NIDN: 0809098801) sebagai ketua pelaksana kegiatan, sedangkan anggotanya Yohanes Kurniawan (NIDN: 0817109001), Apolonia Hendrice Ramda (NIDN: 0809029002), 86 mahasiswa, 3 orang alumni, dan 2 staf pendukung dari program studi Pendidikan Matematika. Kegaiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 26 bulan Maret sampai pada tanggal 03 bulan April 2018.

Leave A Reply