Share
Showing 1 of 1

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan “Kontes Matematika” tingkat SMA/MA se-Manggarai Raya (Aula Rosmalen 12, 10/03/2018). Kegiatan tersebut diikuti oleh 46  peserta, utusan dari 19 sekolah se-Manggarai Raya. Kontes matematika sebagai suatu kegiatan ilmiah menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diukur melalui soal-soal HOTS (High Order Thinking Skill). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu, motivasi, kreatifitas, dan produktifitas peserta didik SMA.

“Kegiatan ini menyampaikan bahwa kontes matematika ini diadakan sebagai upaya memicu peningkatan mutu pembelajaran secara komprehensif, yakni menumbuhkembangkan budaya belajar, kerja keras, kreatifitas, daya saing, dan motivasi meraih prestasi dalam bidang matematika” demikian kata Sebastianus Fedi, M.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Kontes Matematika.

Ada pun yang meraih juara I-III dan kejuaraan kontes matematika adalah: juara I diraih oleh Ansgarius Arnoldi Sudin dengan asal sekolah SMAN 1 Langke Rembong, juara II diraih oleh Eldisia M. Jebatu dengan asal sekolah SMAK Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo, dan juara III diraih oleh Antonia Archilves Uner dengan asal sekolah SMAN 1 Satar Mese.

Katarina W. Wisang, S.Pd guru matematika SMA Fransiskus Xaverius Ruteng, dalam wawancara terpisah menyatakan bahwa kontes matematika dapat menambah wawasan peserta dan memacu semangat juang, dan kompetisis para peserta didik khususnya dalam bidang matematika.

Selain itu, ketua STKIP Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes S. Boy Lon, M.A dalam sambutannya mengapresiasi keterlibatan peserta yang menunjukkan bahwa banyak orang mencintai dan mau belajar matematika. Kiranya semangat ini tetap dijaga dan ditingkatkan agar nantinya bisa menjadi pribadi yang berprestasi dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Leave A Reply