SEMINAR SEBAGAI WAHANA PUBLIKASI PENELITIAN DOSEN

Share
Showing 1 of 1

Perguruan tinggi sebagai pelopor pengembangan keilmuan, diharuskan melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Satu tugas terpenting perguruan tinggi yang mana dilakukan dosen adalah penelitian. Output dari penelitian adalah publikasi, yang mana merupakan legitimasi hasil penelitian secara universal.

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng menyadari pentingnya hal ini dengan mengadakan seminar rutin Pendidikan Matematika untuk mengakomodir publikasi penelitian dosen-dosen. Untuk semester genap tahun ajaran 2017/2018 seminar Pendidikan Matematika dilaksanakan pada  hari Sabtu (03/3) bertempat di gedung Kartini (01-04) dengan pemateri adalah 18 dosen program studi matematika dan diikuti oleh 235 mahasiswa Program Studi Matematika.

“ Penting bagi mahasiswa untuk diberi brainstorming tentang bagaimana membuat suatu penelitian, serta mengetahui trend penelitian pendidikan matematika jaman ini” demikian kata Silfanus Jelatu M.Pd, seorang dosen program studi pendidikan matematika. Beliau juga menambahkan bahwa seminar ini juga bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa yang notabene adalah calon guru masa depan untuk bisa kreatif dan inovatif dalam melakukan pengajaran dan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah terkait pendidikan.

Maximus Tamur, M.Pd,  salah satu pemateri seminar menimpali bahwa harusnya mahasiswa tingkat akhir bisa mendengarkan dengan teliti serta   banyak bertanya, karena mereka dalam proses mengerjakan  skripsi yang pada akhirnya harus dapat dipertanggungjawabkan di depan tim penguji.

Sipri Hambur  seorang mahasiswa peserta seminar dalam kesempatan berbeda ketika ditanya kesan mengikuti seminar mengatakan cukup puas dengan penyajian dari pemateri.

Leave A Reply