PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

Share

Penelitian dapat meningkatkan profesionalitas seorang guru, demikian kata beberapa ahli pendidikan. Mengapa demikian? Karena melalui penelitian guru dapat mengembangkan kompetensi mencari dan mengidentifikasi masalah pembelajaran, serta menyelesaikan masalah pembelajaran baik isi, efisiensi, proses dan hasil belajar. Guru abad 21 juga dituntut untuk kreatif dan intuitif dalam merancang dan membuat berbagai inovasi dalam pembelajaran baik model, media dan teknik pembelajaran.


Melihat pentingnya kompetensi guru di atas, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng  yang terdiri dari delapan dosen yakni Valeria S. Kurnila, M.Pd.Si, (NIDN. 0805068301), Ricardus Jundu, M.Pd, (NIDN.0818098605), Viviana Murni, M.Pd (NIDN. 0808099102), Apolonia H. Ramda, M.Pd (NIDN. 0809029002), Eufrasia Jeramat, M.Pd (NIDN. 0814029201), Ferdinandus A. Ali, M.Pd (NIDN. 0807068703), Sebastianus Fedi, M.Pd (NIDN. 0827127901), dan Fulgensius E. Men, M.Pd (0803019001), kemudian mengadakan kegiatan pengabdian dengan judul “Pelatihan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Bagi Guru Di Manggarai Timur”, yang diadakan di SMPN 1 Borong, pada hari Sabtu (24/2) dengan peserta kegiatan 16 guru dari SMPN 1 Borong dan SMPK St.Stanislaus Borong.

Koordinator kegiatan Valeria S. Kurnila, M.Pd.Si menjelaskan bahwa penting bagi seorang guru melakukan penelitian yang berkesinambungan supaya benar-benar dapat menjadi guru yang professional dan reflektif dalam melakukan pengajaran dan pendidikan.

Hal ini diamini oleh Kepala sekolah SMPN 1 Borong dalam sambutanya “penting bagi seorang guru untuk bisa meneliti, selain profesionalitas, terdapat prasyaratan bagi guru yang hendak mengusur kenaikan pangkat tertentu diharuskan untuk meneliti dan mempublikasikan suatu penelitian”. Sehingga dalam pelatihan kali ini peserta bukan hanya tahu, tapi bisa melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian.


Setelah presentasi pembuka oleh pemateri, peserta kemuadian dibagi menjadi empat kelompok yakni kelompok penelitian PTK, pengembangan, kualitatif, dan kelompok penelitian eksperimen untuk mendalami karakteristik dan metode penelitian masing-masing. Dosen-dosen prodi matematika juga berjanji untuk membantu sampai proses publikasi penelitian para guru yang terlibat dalam kegiatan ini.

Leave A Reply