PkM Kelas Kata dalam Kelas SMAGER

Share

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus (Prodi PBSI UKI Santu Paulus), Ibu Olivia Jetia Moon, M.Hum melakukan ekspos kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMAK Santu Gregorius Reo (Jumat, 31/5/2019).
Ibu yang akrab disapa Olik ini menyatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “kegiatan PkM ini wujud implementasi tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi., sehingga diharapkan semua dosen PBSI meningkatkan kegiatan pelaksanaan PkM,” ungkapnya.
Berdasarkan tema PkM yang diajukan oleh Prodi PBSI, yakni “Pengembangan Minat Tenaga Pendidik dan Siswa dalam Bidang Bahasa, sastra, dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi”, dosen bidang linguistic ini membawakan materi PkM tentang “Peningkatan pengetahuan tentang kosep kelas kata dengan media kartu huruf”. Diungkapkan oleh Ibu Yuliana Jetia Moon, M.Hum yang membawakan PkM ini, bahwa siswa lebih dapat memahami konsep jika pembelajaran bersifat konkret.
“Awalnya siswa hanya mampu menyebutkan lima kelas kata dan mampu menyebutkan empat contoh saja dari lima kelas kata yang diketahui. Siswa tidak tahu tentang nama ilmiah dari setiap kelas kata. Namun, setelah bermain kartu huruf kurang lebih satu jam, siswa mampu mengingat semua jenis dan nama ilmiah dari kelas kata dan menyebutkan masing-masing contohnya. Siswa juga tampak bersemangat dan aktif mengerjakan setiap soal yang diberikan,” ungkap dosen PBSI ini.
Teknik pelaksanaannya, yaitu kartu yang disiapkan berjumlah sebelas, yang terdiri dari Sembilan konsonan dan dua vokal. Siswa harus mampu menyusun kata dari sebelas kartu huruf ini hingga mencapai minimal empat puluh lima kata. Lalu setiap kata didistribusikan dalam jenis-jenis kelas kata.
Di akhir kegiatan PkM ini, Ibu olik mengapresiasi antusiasme dan keaktifan siswa sehingga kegiatan ini berjalan sesuai dengan tujuan PkM ini. “Kami sangat senang karena antusiasme dan keaktifan dalam kegiatan ini. Siswa semangat dalam PkM ini menunjukkan bahwa mereka ingin belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil yang menunjukkan bahwa seratus persen siswa dapat memahami dan menyebutkan kelas kata dan contohnya masing-masing,” kata Olik.
Saat ditemui, Maria, siswa SMA Santu Gregorius yang turut menjadi peserta PkM juga mengungkapkan kegembiraan dan terima kasih kepada para dosen PBSI, khususnya Ibu Olivia Jetia Moon, M.Hum. “Kami semua tentu senang dan berterima kasih kepada para dosen yang mengadakan kegiatan PkM di sini. Khususnya, pembimbing kami, Ibu Olik yang sangat kreatif dalam mengajar dan mimbimbing kami tentang kelas kata dan paragraf. Intinya bahwa pembelajaran ini sangat efektif dan menyenangkan,” ungkap Maria.
Selama ini kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara mandiri oleh para dosen. Hal ini ditanggap oleh Prodi PBSI UKI Santu Paulus untuk memfasilitasi para dosen dalam pengembangan aspek Pengabdian Masyarakat sebagai program semesteran program studi.

Leave A Reply