Dosen Prodi PBSI UKI Santu Paulus Mengadkan PkM di SMAK St. Gregorius Reo

Share

Dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi, para Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) universitas Katolik Indonesia (UKI) Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMAK Santu Gregorius Reo Kabupaten Manggarai, Jumat 31 Mei 2019. Sasaram kegiatan PkM adalah bimbingan berliterasi bahasa dan sastra Indonesia pada siswa dan para guru.
“Kami memilih SMAK Santu Gregirius Reo karena ada komunikasi lisan sebelumnya mengenai PkM Prodi PBSI dengan pihak sekolah. Dan para siswa dan guru sangat sangat antusias untuk mendapatkan bimbingan mengenai literasi berbahasa yang baik, benar, dan santun, juga literasi bersastra, dan literasi menulis,” Romo Bonefasius Rampung, Sfil., M.Pd., Ketua Prodi PBSI UKI Santu Paulus.
Dalam sambutan, Romo Bone menyampaikan bahwa Prodi PBSI berbangga pada SMAK Gregorius Reo karena sekolah ini selalu menjadi tempat tujuan berbagai kegiatan pada satu bulan terakhir ini. Romo Bone juga tidak lupa mempromosikan STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah berubah status menjadi UKI Santu Paulus Ruteng. Ia mengajak siswa-siswi yang hendak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, agar memasukan UKI Santu Paulus Ruteng ke dalam daftar tujuannya.
“Kami turut berbangga dan memberi apresiasi kepada pihak SMAK Santu Gregorius Reo yang selalu welcome terhadap setiap orang yang ingin berkunjung ke sekolah ini. Bahkan, beberapa bulan terakhir ini, sekolah ini menerima banyak kunjungan dari berbagai lembaga pendidikan dan komunitas-komunitas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah menerima kami untuk mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di sini, “ ungkap imam diosesnan Keuskupan Ruteng ini.
Kegiatan PkM ini disambut baik oleh Romo Heroluinus Jawa, Pr, S.Fil., Kepala Sekolah SMAK Gregorius Reo.
“Kami sangat berterima kasih kepada para dosen Prodi PBSI Universitas Katolik Indonesia Santu paulus Ruteng atas kunjungan dan kerja sama dalam bentuk PkM ini. Sekolah kami akan terus membuka diri untuk berbagai kunjungan seperti ini,” katanya.
Kegiatan bertemakan “Pengembangan Minat Tenaga Pendidik dan Siswa dalam Bidang Bahasa, sastra, dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi” ini berlangsung dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok difasilitasi oleh satu orang dosen dengan materi PkM masing-masing. Romo Bonefasius Rampung, S.Fil. M.Pd., membawakan materi tentang Persoalan tulis menulis untuk guru; Bapak Marcelus Ungkang, S.S., M.Pd dan Eduardus Y. Abut, S.Fil.,M.Pd membawakan materi tentang Musikalisasi Puisi; Bapak Kanisius Barung, M.Hum memberi materi tentang Kalimat Efektif; Ibu Ulivia Jetia Moon, M.Hum memberi materi tentang jenis-jenis kata dan paragraf; Ibu Angela Klaudia Danu, M.Pd dan Marianus Supar Jelahut, S.Fil.,M.Pd tentang Majalah Dinding; Bapak Yuvantinus Effrem Warung, S.Sos.,M.Pd dan Stanislaus Hermanditoyo, M.Pd tentang berbahasa lisan; Bapak Eduardus Mancu, M.Pd memberi materi tentang literasi menulis surat; Bapak GregoriusRaru, M.Hum tentang paragraf; Bapak Drs. Yoakim Jekson Kebol, M.Hum tentang jenis-jenis teks pembelajaran; Dr. Ans Prawati Yuliantari, M.Hum tentang pembelajaran Bahasa IT; Bapak Bernardus Tube, M.Pd tentang persoalan menulis untuk siswa; Petrus Sii, S.Kom.,M.Pd tentang pembuatan blog dan email pribadi; Ibu Priska Filomena Iku, S.S., M.Pd tentang literasi sastra; dan Bapak Antonius Nesi, M.Pd tentang PUEBI
Usai kegiatan PkM para dosen PBSI menyumbangkan beberapa eksemplar buku yang diserahkan langsung oleh Ketua Program Studi PBSI UKI Santu Paulus Rutengbersama beberapa dosen.
Dengan adanya kegiatan PkM ini diharapkan guru-guru dan para siswa dapat berliterasi bahasa dan sastra sebagai suatu kebutuhan akademik.
Selain sebagai kebutuhan akademik, penggunaan bahasa yang baik, benar, dan santun, serta bersastra yang baik akan mewujudkan kehidupan yang efektif dan efisien.
“kegiatan PkM ini dapat membantu meningkatkan minat membaca, menulis, dan berbahasa para siswa dan pendidik di SMAK Santu Gregorius Reo dalam membangun kehidupan akademik yang bermutu dan kompetitif,” ungkap Pa Berno, seorang dosen PBSI.
Kegiatan ini berlangsung dengan lancar, penuh semangat, dan menyenangkan.

Leave A Reply