BACA PUISI WARNAI DISKUSI DAN LATIHAN BERSASTRA UKM LITERA

Share

Sejumlah anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Literasi Sastra (UKM Litera) STKIP Santu Paulus Ruteng membacakan puisi dan sajak-sajak, baik yang diciptakan sendiri maupun oleh penyair nusantara maupun penyair lokal di ruang kuliah STKIP Santu Paulus Ruteng, Kamis (7/3/2019).
Hujan yang deras tidak mengurung niat seluruh mahasiwa anggota UKM Litera untuk hadir dan duduk melingkar untuk latihan bersastra.
Sebagai UKM berlandaskan literasi sastra, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin UKM LItera dalam rangka mengembangkan minat dan bakat mahasiswa anggota UKM Litera dalam bidang sastra. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk memantapkan persiapan teman-teman dalam kegiatan tour sastra di SMA Pancasila Borong akhir Maret ini.
“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin, apalagi UKM ini dasarnya adalah literasi sastra. Minat dan bakat teman-teman UKM dalam bidang sastra dikembangkan melalui kegiatan seperti ini. Selain itu, secara khusus kegiatan hari ini untuk melihat pekembangan latihan teman-teman dalam persiapan tour sastra di SMA Pancasila Borong akhir Maret ini”, jelas Salviobas Ketua UKM Litera.
Sementara itu, Koordinator UKM Litera, Bernadus Tube Beding, M.Pd mengakui sangat mengapresiasi kegiatan rutin yang dilakukan oleh seluruh anggota UKM Litera. Dosen PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng ini mengatakan, UKM Litera adalah tempat untuk saling berbagi pengalaman. Selain itu, literasi adalah kebutuhan, bukan kesenangan.
“Kehadiran kita dalam UKM ini untuk berbagi pengalaman. UKM sebagai kolam untuk kita tuangkan suka dan duka. UKM litera juga harus menjadi bagian dari kebutuhan dalam hidup kita, bukan kesenangan kita. Kehadiran kita dalam UKM Litera karena ada dorongan dan niat untuk menimbah pengetahuan tentang sastra, sekaligus mengembangkan diri dalam bersastra”, ungkapnya.
Agenda kegiatan yang dilakukan, seperti diskusi sastra, latihan membacakan dan mendeklamasikan puisi, latihan memainkan drama, dan latihan melagukan puisi adalah bentuk mengenali sastra secara konkret dari mahasiswa anggota UKM Litera. Diharapkan melalui kegiatan yang dilakukan mahasiswa anggota UKM Litera dapat memperdalam pengetahuan mengenai sastra dan menjadikan literasi sastra bagian dari kebutuhan hidup.
Kegiatan yang berlangsung selama empat jam ini, yaitu dari pukul 12.00 sampai pukul 15.00 Wita dirayakan dengan makan bersama anggota UKM, yang kemudian diakhiri pembacaan puisi dari beberapa mahasiswa anggota UKM.**

Oleh: Opin Sanjaya
Mahasiswa PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng dan Anggota UKM Litera

Leave A Reply