Share

Kamis (14/2/19) malam, Unit Kegitan Mahasiswa Literasi Sastra (UKM Litera) STKIP Santu Paulus Ruteng mengadakan kegiatan valentine bersama di lapangan bola basket kampus STKIP Santu Paulus Ruteng dengan cara yang kreatif.
Ada nuansa baru di kompleks lapangan basket, STKIP Santu Paulus Ruteng, 14 Februari 2019. Niasanya tempat bermain bola tersebut sepih dan sunyi ketika sudah pukul 18.00 WITA.
Namun, sore menjelang malam itu tepat di tengah lapangan, sekelompok anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Literasi Sastra (UKM Litera) PBSI, STKIP Santu Paulus Ruteng duduk melingkar dan sharing bersama sambil membaca puisi dengan cara yang kreatif.
Mengusung tema Valentine Sastra, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota UKM dan persembahan khusus bagi para pionir UKM Litera di hari valentine, yaitu mahasiswa tingkat 4 Prodi PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng. Setiap anggota menebar kasih sayang dengan membagi cerita-cerita inspiratif dan pengalaman-pengalaman kasih sayang. Mereka juga membawa karya-karya puisi yang sengaja di pilih untuk dibacakan kepada para sahabat, anggota UKM sekaligus menarik semangat menulis sastra. Para anggota UKM Litera juga saling mengungkapkan kasih sayang, baik kepada seluruh anggota UKM, maupun kepada orang-orang khusus.
“Sebenarnya tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan di antara kita, sehingga anggota UKM lebih semangat dan antusias dalam UKM, dan ini adalah persembahan khusus bagi para pionir UKM, yaitu mahasiswa tingkat 4”, jelas Salviobas ketua UKM Litera.
Koordinator UKM Literasi Sastra, Bernardus Tube Beding, M.Pd mengakui sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Dosen PBSI ini mengatakan, meskipun perayaan Valentine’s Day berasal dari tradisi Romawi, namun kini merambah sampai ke pelosok dunia, termasuk di dunia kampus. dan orang merayakannya dengan kreatif. “Hari kasih sayang itu tidak terbatas pada golongan tertentu, tetapi dirayakan di seluruh dunia, seperti halnya hari Ibu, sebagai aspek positif dari kemanusiaan.”
“Konsep memeriahkan hari kasih sayang ini didesain sedikit berbeda. Acara UKM Litera mala mini idealnya bukan hanya sekedar ajang bertemu, tetapi lebih dari itu merajut kasih sayang sebagai sahabat dan saudara dalam kebersamaan di STKIP Santu Paulus ruteng,” jelas Ketua UKM Litera Viobas.
Lebih lanjut, mahasiswa tingkat 2017B ini mengatakan, bentuk kegiatan ini seperti mengungkapkan selamat hari kasih sayang, membagi cerita dan pengalaman kasih sayang, dan membaca puisi karya sendiri merupakan wujud literasi persaudaraan dan kekeluargaan UKM Litera. Selain itu, kegiatan kegiatan Valentine Sastra ini sebenarnya merupakan rangkaian pengkondisian dari program UKM Literasi Sastra semester genap Tahun Akademik 2018-2019.
Ditemui di sela-sela kebersamaan, Dian, anggota UKM Litera mengungkapkan terima kasih dan bangga menjadi anggota UKM Litera. “Banyak mahasiswa yang menanyakan tentang UKM Litera, apakah bisa bergabung atau tidak; dan mereka telah melihat bukti yang telah ditunjukkan oleh UKM Litera melalui kegiatan-kegiatan kreatif,” ungkapnya.
Hani Kemis, salah satu mahasiswa anggota UKM juga mengakui bahwa nuansa persaudaraan dalam kegitan ini sangat dirasakan.
“Nuansa persaudaraan dalam kegiatan ini sangat dirasakan, semoga persaudaraan ini tetap ada dan membuat anggota UKM lebih semangat dan antusias”, jelas Kemis saat diwawancarai.
Kegiatan yang penuh persaudaraan ini hanya diterangi cahaya lampu motor anggota UKM. Adapun kegiatan yang ditampilkan, yaitu pembacaan puisi, pemutaran video kejutan ucapan hari valentine, sering pengalaman valentine dan musikalisasi puisi oleh beberapa mahasiswa anggota UKM.
Kegiatan Valentine Sastra yang melibatkan seluruh mahasiswa anggota UKM Litera, dapat dikatakan telah memperoleh respon positif dari publik. Hal ini dapat dinilai dari berbagai komentar positif di media sosial. Walaupun demikian, hal ini tidak seharusnya menimbulkan rasa puas diri, sebab kegiatan UKM Litera tergolong sebagai kegiatan kecil, dan hanya sebagai wujud jalinan kekompakan, persatuan, dan persaudaraan antaranggota UKM Litera.
Diharapkan dengan adanya malam Valentine Sastra, PBSI khususnya dan STKIP Santu Paulus umumnya mampu memberikan tidak hanya sebuah promosi, namun lebih kepada sebuah pengalaman positif dan menarik bagi kaum muda dan remaja.
Kegitan yang berlangsung selama 4 jam ini, yaitu dari pukul 18.00 sampai pukul 21.00 Wita dirayakan dengan makan bersama anggota UKM, yang kemudian diakhiri nyanyi bersama anggota UKM.

Oleh:Opin Sanjaya
Mahasiswa PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng dan Anggota UKM Litera

Leave A Reply