Share

Tim PkM PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng mengadakan temu sastra sebagai wujud kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Ruteng-Anam (11-14/12/2018)
Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah “Sastra Menyapa”. Kegiatan tersebut berupa sharing sastra, berbagai musikalisasi puisi, pembacaan puisi, dan dramatisasi lagu dari anggota tim PkM. Ketua PkM, Bernardus Tube, M.Pd dalam sambutan menjelaskan bahwa salah satu tujuan kegiatan PkM sebagai wujud kepedulian lembaga STKIP Santu Paulus, khususnya Prodi PBSI terhadap bakat dan minat peserta didik dalam dunia sastra yang tidak ditumbuhkembangkan. “Kehadiran program PkM di tengah dunia pendidikan untuk membumikan gerakan literasi sastra di sekolah-sekolah, sekaligus membantu para peserta didik yang memiliki bakat dan minat menulis sastra untuk berkreasi,” ungkap Dosen PBSI yang biasa di sapa Pa Berno ini.
Lebih lanjut, dosen yang memiliki NIDN: 0818108303 ini menegaskan bahwa kehadiran PkM ingin berinovasi untuk membentuk generasi milenial yang berkarakter dan berakhlak mulia, menumbuhkembangkan minat baca sehingga setiap peserta didik menumbuhkan dalam diri semangat cinta membaca, karena dengan membaca, peserta didik akan mampu menulis dan berbicara. “PkM ini hadir di tengah para peserta didik di SMAN 1 Ruteng-Anam bertujuan untuk menarik perhatian kaum pelajar dan menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis sastra,” ungkapnya sambil memberikan materi tentang berliterasi sastra.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Ruteng-Anam, Emanuel Adrianus Wagur, S.Pd. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Lembaga Pendidikan STKIP Santu Paulus Ruteng, khususnya Tim PkM yang berkomitmen membantu pengembangan literasi sastra di sekolah. “Kegiatan PkM yang bertajuk “Temu Sastra” ini membantu lembaga SMAN 1 Ruteng-Anam sebagai sekolah yang literat dan menjadikan para peserta didik sahabat sastra,” ungkapnya. Emanuel mengharapkan agar PkM menerima tawaran pihak SMAN 1 Ruteng-Anam untuk membangun kerjasama dalam aspek literasi sastra melalui MOU.
Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan, Bonefasius Mulianus Du, S,Pd. merasa bersyukur dengan hadirnya PkM dalam lingkungan pendidikan di SMAN 1 Ruteng-Anam. Menurutnya, panggung kreativitas yang digelar sangat membantu siswa siswi SMAN 1 Ruteng-Anam untuk mampu mengaktualisasikan diri, sekaligus mulai beradaptasi dan mengakrabkan diri dengan dunia sastra.
Kegiatan temu sastra sebagai sebagai momen pengabdian masyarakat dan sosialisasi keberadaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP santu Paulus ruteng. Tentu, wujud kegiatan tersebut sebagai bentuk promosi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi kelas tiga tingkat SMA/SMK untuk benar-benar menentukan pilihan perguruan tinggi legal, berintegritas, dan berkualitas.
Peserta yang hadir dalam kegiatan adalah siswa siswa SMAN 1 Ruteng-Anam dan anggota tim PkM. Hadir juga para guru. Penitia kegiatan ini diketuai oleh Opin Sanjaya, mahasiswa tingkat IV Prodi PBSI STKIP Santu paulus Ruteng.

Leave A Reply