Mahasiswa STKIP St. Paulus Ruteng Adakan KKN Integratif di Desa Jaong, Satar Mese

Share

Sekelompok mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) selama sebulan di Desa Jaong, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, terhitung 23 Juli hingga 23 Agustus 2018. Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini adalah Yosef Labur Tuang, Giania Terfin, Ermelinda Setia, Maria L. H Ule, Yohanes Jefrianto Nabor, Flafiana Righamon dan Eugenia Alfrida Sulastri. Kegiatan KKN Integratif dan PKM di desa Jaong ini didampingi dosen pembimbing Stanislaus Hermaditoyo, M.Pd. (NIDN 0830118901).
Kegiatan KKN dan PKM diawali dengan penyerahan mahasiswa secara resmi dan diterima oleh Sekretaris Desa Jaong, Kecamatan Satar Mese pada 23 Juli 2018. Menurut dosen pembimbing KKN, Stanislaus Hermaditoyo, tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih dan mengajak mahasiswa agar mengalami secara nyata hidup bermasyarakat. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa harus mampu beradaptasi, belajar, dan berkontribusi terhadap kehidupan sosial bermasyarakat berdasarkan kompetensi dan keterampilan, serta tujuan kegiatan KKN,” urainya.
Dalam sambutan penyerahan, Hermaditoyo menyampaikan bahwa para mahasiswa hadir di desa Jaong, kecataman Satar Mese untuk belajar secara langsung mengenai kehidupan sosial bermasyarakat, bersosialisasi, dan membantu masyarakat dalam melaksanakan berbagai kegiatan. “Atas nama lembaga STKIP St. Paulus Ruteng, kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat desa Jaong, kecamatan Satar Mese yang dengan lapang menerima dan mau mendukung program KKN dan PKM mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng. Sangat diharapkan bahwa melalui kegiatan ini akan terjalin kerjasama yang baik secara berkelanjutan sebagai hubungan kemitraan antar lembaga, yaitu Desa Jaong Kecamatan Satar Mese dengan STKIP St. Paulus Ruteng,” urainya. Kepada para mahasiswa, Hermaditoyo menaruh harapan untuk senantiasa terlibat dan berkontribusi positif selama kegiatan KKN Integratif.
Kanisius Jemarus, sekretaris Desa Jaong dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah memilih Desa Jaong sebagai salah satu lokasi pelaksanaan KKN dan PKM. “Kami berharap bahwa kehadiran para mahasiswa di tengah kami dapat memberi nuansa baru dengan pelbagai agenda kegiatan yang akan dilaksanakan dan membawa manfaat bagi kedua pihak. Pelbagai pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di kampus kiranya dapat diwujud dan dipraktikkan di tengah masyarakat,” tegas Jemarus yang mewakli Kepala Desa Jaong.(a-nes)

Leave A Reply