PkM PEMBENAHAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SIRU KECAMATAN LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Share

Mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Siru Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai (16/7) sampai pertengahan Juli 2018.
Kegiatan yang bertema “PkM PEMBENAHAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SIRU KECAMATAN LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT” ini beranggotakan 21 mahasiswa dari berbagai program studi dan diketuai oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan, Drs. Yoakim Jekson Kebol, M.Hum.
Dalam sambutan saat acara penyerahan, Jack-Sapaan Yoakim Jekson Kebol – mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Desa Siru yang telah membuka ruang dan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar.
Lebih lanjut, dosen linguistik ini juga mengemukakan tujuan PkM ini. “Kegiatan PkM ini bertujuan mendatakan dan mengelompokan masyarakat Desa Siru berdasarkan jenis kelamin, jumlah kepala keluarga, agama, dan mata pencaharian sehingga pemerintah desa memiliki kearsipan,” tutur Dosen yang ber-NIDN 0017035906.
Sementara Syahrudin Ahmad, Pejabat Kepala Desa Siru dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak STKIP Santu Paulus Ruteng, khususnya Tim PkM. “Pemerintah Desa Siru dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada lembaga STKIP Santu Paulus Ruteng, khususnya Tim PkM yang bersedia mendata masyarakat Desa Siru berdasarkan aspek-aspek tuntutan pemerintah dalam pembangunan. Tentu, data yang di benah dan dikumpulkan dapat dipergunakan oleh pemerintah desa bersama masyarakat desa Siru untuk merencanakan pembangunan yang berbasis kebutuhan dan potensi yang ada di desa siru,” ungkap parat desa ini.
Berdasarkan data yang dikerjakan oleh Tim PkM, 91 % penduduk desa siru bermatapencaharian sebagai petani baik petani sawah maupun perkebunan maka diharapkan perencanaan pembangunan difokuskan pada dua bidang tersebut. Dengan fokus pembangunan sesuai mata pencaharian masyarakat, maka masyarakat dapat diberdayakan untuk berpartispasi aktif dalam pembangunan desa.

Leave A Reply