PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH SEBAGAI KEBUH CONTOH DI DESA NGKAER KECAMATAN SATAR MESE KABUPATEN MANGGARAI

Share

Tim KKN Mahasiswa STKIP St.Paulus Ruteng bersama aparat desa melakukan bakti sosial pembukaan lahan untuk kebun percontohan di depan kantor Desa Ngkaer, (30/7).
Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (30/7) sampai akhir Agustus 2018 ini diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Ngkaer, Kabupaten Manggarai. PkM yang terintegrasi dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini sangat diantusias oleh para ibu rumah tangga. Dalam sambutannya, kepala Desa Ngkaer menyampaikan terima kasih kepada kampus STKIP St.Paulus Ruteng yang telah mengirim beberapa mahasiswa ke Desa Ngkaer untuk bergabung bersama masyarakat desa tersebut.
“Saya sangat senang dengan kehadiran mahasiswa STKIP St.Paulus Ruteng di desa ini. Kehadiran mereka membawa angin segar, karena ilmu yang mereka dapatkan di kampus dapat diterapkan di desa ini. Semoga pembukaan lahan di depan kantor ini sebagai kebun percontohan di setiap pekarangan rumah warga nantinya bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Bone Manggut.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi konsep kebun contoh yang langsung dipaparkan oleh Samuel Jatam, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ketua tim KKN Desa Ngkaer. Dalam penjelasannya, Samuel mengatakan luas lahan untuk setiap rumah berkisar 3×4 m2.Kemudian, diadakan pembukaan lahan di depan kantor Desa Ngkaer yang dipimpin langsung oleh kepala Desa Ngkaer. Kegiatan terakhir diisi dengan praktek survei/kontrol berkala yang nantinya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Dalam prakteknya, ibu-ibu rumah tangga bersama para mahasiswa menanam bibit sayur berupa bibit sayur picai, wortel, dan tomat.

Adapun luaran yang dicapai dari kegiatan ini berupa kesadaran masyarakat akan pentingya pemanfaatan lahan kosong untuk digunakan sebagai kebun dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga. Selain itu, luaran lain yang ingin dicapai adalah meningkatnya kreativitas masyarakat Desa Ngkaer terutama ibu-ibu rumah tangga.

Di akhir kegiatan tersebut, dalam praktek survei/kontrol, Samuel Jatam mengajak masyarakat Desa Ngkaer untuk terus meningkatkan kreativitas mereka agar apa yangdilakukan ini tidak berhenti sampai berakhirnya masa praktek KKN mahasiswa, tetapi dilanjutkan secara terus menerus. Ajakan ini disambut tepuk tangan meriah oleh kepala desa dan masyarakat yang hadir.

Leave A Reply