MAHASISWA STKIP MELAKSANAKAN PKM LITERASI KREATIF DI SMP NEGERI 4 SATAR MESE

Share

Sekelompok mahasiswa STKIP St. Paulus Ruteng melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat selama satu minggu di SMP Negeri 4 Satar Mese, Desa Koak Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai.

Terhitung sejak Selasa (7/7) sampai Senin (13/7) 2018, empat orang mahasiswa STKIP melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMPN 4 Satar Mese. Kegiatan pengabdian ini dijalankan secara integratif dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) lembaga STKIP Santu Paulus Ruteng. Mahasiswa yang melaksanakan KKN berupaya memanfaatkan waktu pelaksanaan KKN dengan kegiatan pengabdian yang nyata. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah literasi kreatif melalui pembuatan papan mading di SMPN 4 Satar Mese.

Mahasiswa yang terlibat dalam PKM literasi kreatif ini adalah Adrianus Paur dan Herlina Elan (mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Herlina Mbadung (mahasiswi program studi PG-PAUD), dan Neltiana Senia (mahasiswi program studi PGSD). Keempat mahasiswa ini didampingi oleh Gregorius Raru, S.Fil.,M.Hum; seorang dosen prodi PBSI STKIP St. Paulus Ruteng.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Satar Mese mencakup kegiatan pembuatan majalah dinding dan membuat karya seni dengan pembuatan bunga dari bahan pipet. Kegiatan dilaksanakan berdasarkan pertimbangan dan anjuran dari dosen pendamping, mahasiswa, dan pihak sekolah.

Dalam diskusi awal dengan pihak sekolah, dosen pendamping mahasiswa menegaskan bahwa pemilihan jenis kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus kontekstual dan sesuai potensi dasar mahasiswa pelaksana PKM. “Pelaksanaan PKM bukan sekadar supaya mahasiswa memiliki kegiatan nyata untuk dilaporkan ke pihak kampus, tetapi yang lebih penting adalah apa yang mahasiswa lakukan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran. Selain itu, jenis kegiatan yang dilaksanakan harus sesuai dengan basic mahasiswa, sehingga tidak terkesan memaksa kemampuan dari mahasiswa”, tegas Raru.

Pelaksanaan kegiatan PKM berjalan dengan lancar dan menghasilkan satu papan majalah dinding di SMP Negri 4 Satar Mese. Selain pembuatan majalah dinding dan pembuatan bunga dari bahan dasar pipet, mahasiswa pun dipercayakan untuk melatih siswa membacakan puisi dalam rangka persiapan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2018.

Leave A Reply