Prodi PBSI STKIP Santu Paulus Mengembangkan Literasi Media bagi Dosen dan Mahasiswa

Share

Dosen dan mahasiswa Program Studi Peendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) mengadakan kegiatan literasi media di Ruangan Micro Teaching STKIP Santu Pulus Ruteng, Sabtu (26/5/2018).
Kegiatan ini dilaterbelakangi adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi, dan informasi yang sangat pesat saat ini mengakibatkan terjadinya pergeseran pola komunikasi masyarakat.
Ediardus Mancu, M.Pd, Panitia penyelenggara kegiatan pengabdian ini mengatakan pergeseran pola komunikasi mendatangkan dampak yang positif maupun negatif. Hal ini bergantung pada pengguna media sendiri, khususnya dosen dan mahasiswa.
“Salah satu jawaban dari penggunaan media yang berdampak positif dalam hal ini, prodi PBSI mengadakan literasi media bagi dosen dan mahasiswa, sehingga mampu melahirkan generasi yang tidak gagap teknologi,” kata dosen PBSI ini.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 25 orang peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa prodi PBSI. Kegiatan ini menghadirkan 2 orang pemateri, yaitu Armin Bell (Pemateri I), Bruder Piter Sii (Pemateri II) Sambutan Stanislaus Hermaditoyo, M.Pd, ketua pelaksana pengabdian ini sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena literasi media khususnya mengelola blog bagi dosen dan mahasiswa sangat penting. “Dengan pertimbangan mengelola blog, dosen mupun mahasiswa mampu menuang gagasan sehingga lebih aktif dalam kegiatan menulis,” katanya.
Lebih lanjut, dosen PBSI dalam sambutan mengharapkan pelatihan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar terus mengembangkan diri untuk menjadi calon guru bahasa dan sastra Indonesia yang lebih handal di bidang kemudian hari.
Armin Bell dalam pemaparannya mengatakan target yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan literasi media bagi peserta yaitu bisa membuat blog sendiri mulai dari membuat email sampai pada membuat blog yang lebih bagus. Sementara Piter – sapaan Petrus Sii – dalam pemaparan materinya mengharapkan peserta mampu mengelola blog secara maksimal, karena blog mampu menghasilkan uang.
Kegiatan literasi media dosen dan mahasiswa ini mampu menjawab persoalan Tridarma perguruan tinggi yang kaku, dengan cara menggenjot masyarakat luas tentang pentingnya literasi media.

Leave A Reply