Para Dosen Prodi PBSI, STKIP St. Paulus Ruteng Kampanyekan Budaya Literasi di SMAK St. Familia Wae Nakeng, Manggarai Barat

Share

Para dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng mengadakan kegiatan PkM Literasi di SMAK St. Familia Wae Nakeng, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat pada Jumat (27-29/4/2018). Jumlah ,dosen yang terlibat dalam PkM ini adalah 15 dosen ditambah 2 karyawan. Para dosen sudah berada di SMAK St. Familia Wae Nakeng sejak Kamis (26/4/2018).
Para dosen yang terlibat dalam PkM ini adalah Ketua Program Studi, Rm. Bonefasius Rampung, S.Fil., M.Pd. (NIDN 0808026701) dan para dosen, yaitu Kanisius Barung, M.Hum, (NIDN 0827116001), Stanislaus Hermaditoyo, M.Pd. (NIDN 0830118901), Yuliana Jetia Moon, M.Hum. (NIDN 0820108503), Dr. Ans Prawati Yuliantari, M.Hum. (NIDN 0805077004), Petrus Sii, S.Kom. M.Pd. (NIDN 0802068006), Angela Klaudia Danu, M.Pd. (NIDN 0807079001), Priska Filomena Iku, M.Pd. (NIDN 0808079002), Yufantinus Effrem Warung, M.Pd. (NIDN 0809068304), Gregorius Raru,S.Fil, M.Hum, (NIDN 0825058902), Eduardus Ovan Abut, S.Fil., M.Pd., Marianus Supar Jelahut, S.Fil., M.Pd., Bernardus Tube, M.Pd,, dan Eduardus Mancu, M.Pd. Selain ke-15 dosen tersebut turut serta dua pegawai, yaitu Indrasari Kabut, S.Sos., dan Priskasius Seran, S.Pd.
Berdasarkan proposal yang disusun tim dosen, tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa para siswa di SMAK St. Familia Wae Nakeng, dengan menyasar 4 jenis keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan tersebut dilatari keprihatinan bahwa dalam beberapa laporan penelitian tentang minat literasi para siswa SMA ditemukan kurang adanya minat para siswa SMA untuk membudayakan literasi di dalam diri mereka. Adapun sasaran pelaksanaan kegiatan ini ialah semua siswa kelas X dan XI SMAK St. Familia Wae Nakeng.
Ketua Prodi PBSI, STKIP Santu Paulus Ruteng, Bonefasius Rampung, S.Fil., M.Pd., dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan para guru yang sudah menerima para dosen dalam suasana kekeluargaan. “Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Prodi PBSI, STKIP St. Paulus Ruteng terhadap pengembangan dan pelestarian bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah, khususnya budaya literasi. Sebagai upaya untuk menindaklanjuti hal tersebut, tim PkM Dosen melakukan kegiatan pelatihan public speaking, pelatihan membaca, dan menulis dengan subjek utama adalah para siswa SMA St. Familia Wae Nakeng,” urai Imam Keuskupan Ruteng yang telah sukses menulis Fotamorgana Bahasa Indonesia 1 dan 2 itu.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAK St. Familia Wae Nakeng, Ferdinandus Gonsaga Hanspurna, S.Fil melalui sambutanya menyampaikan terima kasih kepada para dosen Prodi PBSI, STKIP Santu Paulus Ruteng, yang telah rela dan mau berbagi ilmu kepada para siswa di SMAK St. Familia Wae Nakeng. “Terima kasih, dan kami sungguh berharap bahwa kegiatan ini tidak terputus hari ini. Melalui kegiatan seperti ini, para siswa kami semakin disadarkan mengenai betapa pentingnya budaya literasi dan semakin mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kunci kesuksesan mata pelajaran lainnya,” ungkap Pastor muda yang memiliki minat bermain takrow dan badminton ini. (a-nes)

Leave A Reply