PKM PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI SISWA SMAK ST. FAMILIA LEMBOR

Share

Tim PKM Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP St.Paulus Ruteng bersama guru SMAK St. Familia Lembor dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlangsung Jumat (27/4) 2018.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini diisi oleh berbagai pelatihan yang langsung diberikan oleh Tim PKM Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP St.Paulus Ruteng. Tim tersebut dibagi dalam empat kelompok pelatihan. Salah satu tim yang terbentuk adalah tim pelatihan public speaking.

Romo Bone Rampung selaku ketua program studi PBSI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan kerja sama dari civitas SMAK St.Familia Lembor.”Kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan dari para guru dan siswa untuk menerima kami dan mau mendapatkan ilmu baru dalam berbahasa,” kata Bone singkat.

Selanjutnya, Tim PKM Dosen memberikan pelatihan tentang public speaking. Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini diisi dengan pemaparan materi berupa tips dan trik tentang bagaimana menjadi seorang public speaker yang baik, motivasi berbahasabagi siswa, dan praktek siswa menjadi public speaker di depan kelas. Selain itu juga, Tim Dosen meminta para siswa untuk menulis ide mereka ke dalam bentuk teks pidato. Di sela-sela pelatihan, siswa juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang diberikan. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dari pantuan Tim PKM Dosen, setidaknya ada belasan siswa yang bertanya dan mengajukan diri untuk mempraktekkan langsung sebagai public speaker di depan kelas.

Diakhir kegiatan, Romo Ferdinandus G. Hanspurna, S.Fil selaku kepala sekolah SMAK St.Familia Lembor menyampaikan harapannya kepada Tim PKM Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia agar kegiatan ini berlangsung secara rutin dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. “Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja. Kami menunggu kegiatan-kegiatan lainnya dari para dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia,” kata Romo Ferdi.

Leave A Reply