Kegiatan Mahasiswa Pemenang Proposal Program Kreativitas Masyarakat LPPM STKIP Santu Paulus Ruteng

Share

Salah satu kelompok pemenang proposal PKM-M STKIP Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan dengan tema RUENG“Rumah Edukasi Untuk Mencegah kekerasan Seksual Terhadap Anak-Anak Perempuan”. Kelompok ini terdiri atas lima orang anggota yang diketuai oleh Fermilia Suryati Irman. Semua anggota dalam kelompok ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng. Sedangkan dosen pendamping adalah Bedilius Gunur, M.Pd yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Kegiatan PKM-M ini dilaksanakan setiap Sabtu (20 & 27 Januari 2018) yang bertempat di SDI Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa  kelas V yang berjumlah kurang lebih 60 orang. Salah satu tujuan PKM-M ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada siswa-siswi tentang hal-hal yang terkategori kekerasan seksual serta cara pencegahan dan hal yang harus dilakukan jika kekerasan itu terjadi pada diri setiap siswa. Secara umum kegiatan ini mendapat antusias dari para siswa.Teresia Permatasari Doka selaku guru wali kelas V mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik juga memberikan pengetahuan baru bagi siswa terutama dalam hal kekerasan seksual.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, tim PKM bersama dosen pendamping menyarankan kepada siswa-siswi agar selalu waspada terhadap siapapun terutama lawan jenis yang ingin berbuat jahat disekitar mereka. Siswa-Siswi harus memahami bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Selain itu tim PKM juga menyarankan agar  para siswa bisa menceritakan dan melaporkan kepada orang tua atau guru apabila ada orang yang telah melakukan pelecehan seksual kepada mereka.

Seluruh kegiatan ini didanai oleh LPPM STKIP Santu Paulus Ruteng.

 

Peliput               : Bedilius Gunur

Editor                : Lian Jemali

Leave A Reply