Mahasiswa Prodi PBSI, STKIP St. Paulus Ruteng Terlibat Aktif dalam Perayaan Natal di Stasi Nggorang, Paroki Reo

Share

Dalam rangka perayaan Natal 25 Desember 2017, sebanyak 80 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, terlibat aktif sejak persiapan hingga puncak perayaan Natal di Stasi Nggorang, Paroki Reok, Keuskupan Ruteng. Selama 4 hari sejak 23 Desember hingga 26 Desember 2017, para mahasiswa ikut mempersiapkan dan merayakan Natal di stasi tersebut.
Mahasiswa PBSI yang tergabung dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Natal ini berasal dari tingkat IA, II A, dan III D, didampingi Stanislaus Hermaditoyo, M.Pd. (NIDN 0830118901) selaku dosen pendamping. Hermaditoyo mengemukakan bahwa PkM ini bertujuan untuk meningkatkan semangat pelayan dan pengabdian kepada umat di Stasi Nggorang, Paroki Reo. Wujud pengabdian dan pelayaan itu ialah kontribusi para mahasiswa melalui paduan suara (koor), kerja bakti, dan malam pentas seni).
Kedatangan para mahasiswa disambut pengurus dan sebagian umat Stasi Nggorang, Paroki Reo, dalam ritus adat Manggarai. Usai penerimaan adat, mahasiswa diserahkan kepada umat Stasi Nggorang. Mereka menginap di rumah-rumah umat. Pengurus Stasi tampak telah mempersiapkan semua hal dengan baik.
Hermaditoyo selaku dosen pendamping, usai kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada umat Stasi Nggorang Paroki Reo yang telah menerima para mahasiswa Prodi PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng untuk boleh terlibat aktif dalam perayaan Natal di Stasi Nggorang, Paroki Reo. “Semoga kegiatan pengabdian dan pelayanan ini sungguh membantu umat Stasi Nggorang, Paroki Reo,” urainya.
Agustinus, Ketua Dewan Stasi Nggorang, Paroki Reo, dalam sambutan terakhirnya menyampaikan terima kasih pula kepada para mahasiswa Prodi PBSI, STKIP Santu Paulus Ruteng, yang telah memilih Stasi Nggorang, Paroki Reo, sebagai salah satu tempat pengabdian dan pelayanan selama perayaan Natal 2017. “Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran para mahasiswa di Stasi Nggorang, Paroki Reo, selama perayaan Natal.
Sumbangan para mahasiswa melalui paduan suaran, kerja bakti, dekorasi, dan malam kesenian, ikut menggerakkan semangat umat untuk senantiasa terlibat aktif di dalam setiap kegiatan rohani di gereja,” katanya. Agustinus mengharapkan bahwa semangat pengabdian dan pelayanan para mahasiswa yang luar biasa ini semoga tetap membekas dan menular kepada umat Stasi Nggorang, Paroki Reo. “Kami masih mengharapkan bahwa ke depan Stasi kami masih menjadi pilihan para mahasiswa untuk melaksanakan PkM Natal,” imbuhnya. (a-nes)

Leave A Reply